Lionel Messi Bisa Terancam Hukuman hingga 12 Pertandingan

Football5Star.com, Indonesia – Sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Begitulah Barcelona saat ini. Sudahlah kalah dari Athletic Bilbao di final Piala Super Spanyol, Lionel Messi terancam hukuman karena kartu merah yang diterima pada laga itu. Berdasarkan peraturan yang berlaku di Liga Spanyol, dia bisa terancam skors hingga 12 pertandingan.

Lionel Messi diusir wasit saat Barcelona kalah 2-3 dari Athletic Bilbao pada final Piala Super Spanyol, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. La Pulga dikeluarkan dari lapangan setelah terbukti mendorong secara kasar Asier Villalibre saat berebut bola pada pengujung masa perpanjangan waktu.

Insiden itu awalnya tak terpantau wasit Jesus Gil Manzano. Namun, melalui pengecekan VAR, Messi terbukti melakukan pelanggaran keras. Gil Manzano pun tak ragu mencabut kartu merah langsung dari sakunya.

Secara otomatis, kartu merah langsung itu membuat Messi harus absen pada dua pertandingan Barcelona. Kedua laga itu adalah saat melawan Cornella pada ajang Copa del Rey dan Elche pada lanjutan Liga Spanyol.

Akan tetapi, hukuman lebih berat mungkin saja didapatkan Messi. Memukul lawan pada pertandingan termasuk pelanggaran berat dan di Liga Spanyol diancam dengan hukuman 4 hingga 12 pertandingan. Hukuman itu berlaku pada dua ajang, yakni Liga Spanyol dan Copa del Rey.

Beruntung bagi Messi, Gil Manzano dalam laporannya tidak menyebutkan pelanggaran berat. Dia hanya menyebutkan La Pulga hanya bereaksi berlebihan dalam insiden duel dengan Villalibre.

Kartu Merah Keempat Messi

Insiden yang terjadi pada laga Barcelona vs Athletic Bilbao itu terbilang mengejutkan. Lionel Messi bukanlah sosok yang temperamental atau kasar. Kartu merah yang didapatkan dari Gil Manzano adalah yang ketiga dalam sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Kartu merah pertama diterima Messi ketika masih membela Barcelona B. Pada 2006, La Pulga disuir wasit ketika timnya menghadapi Pena Sport. Adapun dua insiden lain yang berujung pengusiran oleh wasit terjadi saat memperkuat timnas Argentina.

Messi diganjar kartu merah oleh wasit Markus Merk saat menjalani debutnya bersama timnas Agentina pada 17 Agustus 2005 melawan Hungaria yang kala itu dilatih Lothar Matthaeus. Masuk menit ke-64 menggantikan Lisandro Lopez, La Pulga diusir wasit setelah hanya semenit berada di lapangan.

Lionel Messi kembali diusir wasit saat membela Argentina di Copa America 2019. Terlibat perselisihan dengan Gary Medel, dia harus meninggalkan lapangan pada perebutan tempat ketiga melawan Chile. Itu terjadi saat pertandingan baru berjalan 37 menit.

Athletic BilbaoBarcelonaLiga SpanyolLionel MessiPiala Super SpanyolSupercopa de Espana