Lionel Messi Kritik Barcelona dan La Masia

Football5Star.com, Indonesia – Megabintang Barcelona, Lionel Messi, menyampaikan kritik kepada timnya. Menurut Messi, Barcelona mulai kehilangan identitas karena meninggalkan pemain-pemain binaan akademi sendiri, La Masia.

Lionel Messi masih menjadi bagian penting dari kesuksesan Barcelona musim ini. Pemain berjulukan La Pulga itu mencetak 45 gol dalam 54 penampilan di semua kompetisi. Messi juga mengantarkan Barcelona meraih gelar Liga Spanyol dan Copa del Rey musim ini.

Akan tetapi, ada hal yang sedikit merisaukan Messi di Barcelona saat ini. Messi menilai Barcelona tengah mengalami krisis identitas saat ini.

theweek.co.uk

“Filosofi kami adalah mengembangkan pemain muda dari La Masia. Sejak era Pep Guardiola, banyak pemain akademi yang diberi kesempatan. Namun belakangan hal itu mulai ditinggalkan,” kata Messi dilansir Football5Star.com dari AS.

Messi yang bergabung dengan La Masia sejak berusia 13 tahun paham betul bahwa melalui jalur akademi, para pemain akan memahami gaya bermain Barcelona.

“Kadang ada pemain yang datang dari luar La Masia dan mengalami kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Kelihatannya mudah, tapi tidak begitu sebenarnya,” ujar Messi.

“Kami dibesarkan dengan gaya ini dan telah terbiasa dalam waktu yang lama memainkan permainan Barcelona,” tutur dia.

Messi menilai keberlangsungan jebolan La Masia di tim utama Barcelona adalah tergantung pada keputusan pelatih. Pelatih membawa filosofi permainannya sendiri-sendiri, dengan atau tanpa pemain La Masia.