Liverpool Jadi Kata Sandi Favorit Para Peretas dalam Beraksi

Football5star.com, Indonesia – Nama Liverpool ternyata tidak hanya tenar di telinga pecinta sepak bola saja, tapi juga bagi para peretas kelas kakap dunia. Hal ini dibuktikan lewat daftar yang dikeluarkan National Cyber Security Center (NCSC) Inggris.

Seperti yang dikutip Football5star.com dari NCSC, kata Liverpool jadi yang paling banyak digunakan para peretas dunia maya sebagai kata sandi mereka. Pada daftar yang diterbitkan tersebut, NCSC menerbitkan 100 ribu kata sandi teratas yang paling banyak digunakan para hacker.

Dan siapa sangka jika Liverpool menduduki puncak tertinggi. Kata sandi dengan nama klub asuhan Juergen Klopp itu diganakan sebanyak 280.723 kali.

Fenomena ini pun membuat Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris menekankan pentingnya untuk tidak menggunakan kata sandi yang biasa ditemukan dalam pelanggaran data. Mereka juga mengatakan pengguna internet harus segera mengubah kata sandi mereka yang sudah ada dalam daftar.

“Menggunakan kata sandi yang sulit ditebak adalah langkah pertama yang kuat dan kami sarankan untuk menggabungkan tiga kata acak yang mudah diingat. Jadilah kreatif dan gunakan kata-kata yang berkesan bagi Anda sehingga orang tidak bisa menebak kata sandi Anda,” kata Direktur Teknis NCSC, Dr Ian Levy seperti dilansir CNN, Rabu (24/4/2019).

Terkait munculnya nama klub berjuluk The Reds itu, Ian Levy juga menyarankan agar para pengguna internet, terutama fan Mohamed Salah dkk  untuk menghindari kata sandi yang berhubungan dengan klub seperti “KingKenny” atau “Istanbul2005”.

Liverpool bukanlah satu-satunya klub sepak bola yang dijadikan sebagai kata sandi oleh peretas. Ada pula Chelsea, Arsenal, dan Manchester United yang kerap dijadikan kata sandi hacker.

Comments
Loading...