Liverpool Melenggang ke Final Berkat Tuah Anfield di Liga Europa

Liverpool memetik kemenangan 3-0 atas Villarreal pada leg kedua babak semifinal di Stadion Anfield, Jumat (6/5). Hasil itu mengantarkan The Reds ke partai final sekaligus melanjutkan tren positif mereka setiap berlaga di Anfield pada pentas Liga Europa.

Bagaimana tidak, selama bermain di Anfield, Liverpool selalu tokcer di Liga Europa. Dari 21 kesempatan bermain kandang pada pertandingan Liga Europa, Liverpool hanya sekali merasakan gagal mencetak gol. Itu pun terjadi sudah cukup lama, yakni pada Desember 2010 kala ditahan imbang 0-0 oleh klub Portugal, Braga.

Selain itu, Liverpool tak pernah absen mencetak gol di Anfield. Bahkan pada musim ini, The Reds sudah menggelontorkan 27 gol dari 14 laga kandang di Liga Europa. Termasuk enam gol dari dua laga terakhir kala menjamu Borussia Dortmund dan Villareal.

Pada leg kedua babak semifinal melawan Villarreal, Liverpool sukses meraih kemenangan telak 3-0. Dua dari tiga gol Liverpool dilesakkan masing-masing oleh Daniel Sturridge dan Adam Lallana. Sementara gol pembuka diraih berkat bunuh diri pemain Villarreal, Bruno.

Bahkan, The Reds sudah bisa ungul dan menyamakan agregat saat pertandingan baru memasuki menit ke-7. Gelandang Villareal, Bruno, melakukan gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi bola dari Roberto Firmino.

Sadar skor 1-0 tak cukup membawa Liverpool ke final, Juergen Klopp menginstruksikan anak asuhnya tampil lebih agresif pada babak kedua. Alhasil Daniel Sturridge mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-63 usai menyambar bola umpan matang Firmino.

Firmino benar-benar menjadi bintang lapangan pada laga ini karena gol ketiga Liverpool pun hadir berkat kerja kerasnya. Menyisir sektor kiri pertahanan Villarreal, geladang asal Brasil itu langsung memberi umpan matang kepada Sturridge di dalam kotak penalti.

Sepakan Sturridge memang terlalu pelan, tapi mampu langsung disambar oleh Adam Lallana yang berdiri di depan gawang. Sontekan Lallana itu memaksa kiper Villarreal, Alphonse Areola, kembali memungut bola dari dalam gawang.

Villarreal sendiri sudah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-71 setelah Victor Ruiz diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Viktor Kassai.

Tampil dengan jumlah pemain lebih sedikit, Villarreal gagal menghalangi kemenangan Liverpool. SKor 3-0 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan, dan Liverpool lolos ke final berkat agregat 3-1.

Susunan Pemain:

Liverpool: 6-Dejan Lovren, 18-Alberto Moreno, 7-James Milner, 20-Adam Lallana, 23-Emre Can, 10-Philippe Coutinho (24-Joe Allen 82′), 11-Roberto Firmino (9-Christian Benteke 89′), 15-Daniel Sturridge (21-Lucas Leiva 90+2′)

Villarreal: 13-Alphonse Areola, 2-Mario Gaspar, 5-Mateo Pablo Musacchio, 6-Victor Ruiz, 11-Jaume Costa, 4-Tomas Pina (14-Trigueros 60′), 8-Jonathan dos Santos (23-Daniele Bonera 73′), 18-Denis Suarez, 24-Bruno Soriano, 9-Roberto Soldado (20-Adrian Lopez 69′), 17-Cedric Bakambu.

Comments
Loading...