Liverpool Resmi Abadikan Nama Kenny Dalglish di Anfield

Football5Star.com, Indonesia – Klub Premier League Inggris, Liverpool, memberikan penghargaan khusus kepada salah satu legendanya, Kenny Dalglish. Jumat (13/10/2017), klub itu resmi menamai salah satu tribun di Stadion Anfield sebagai Tribun Kenny Dalglish. Itu dilakukan sebagai penghormatan atas jasa-jasa sang legenda yang juga pernah menjadi manajer The Reds.

Acara peresmian nama tribun itu pun terbilang spesial. Pasalnya, manajemen Liverpool melibatkan sejumlah legenda. Mereka membentuk guard of honor saat Dalglish memasuki lapangan. Di satu sisi, berdiri Gerard Houllier, Gary McAllister, Ronnie Whelan, Gary Gillespie, Allan Kennedy, Ian Callaghan, dan Ian St. John. Di sisi lain berbaris Alan Hansen, Roy Evans, Jamie Carragher, Robbie Fowler, Michael Owen, Phil Neal, Chris Lawler, Terry McDermott, dan David Johnson.

“Kami melihat dia (Dalglish) sebagai penjelmaan Liverpool Way dan segala yang terkait dengan itu. Ini merupakan upaya kami menunjukkan betapa besar arti dirinya. Juga menegaskan bahwa dia akan selalu berarti bagi klub dan para suporter,” terang CEO Peter Moore.

Lebih lanjut, Moore menambahkan, “Perdebatan soal sosok pemain dan manajer terbesar Liverpool tidak akan pernah berakhir. Namun, hanya sedikit yang tak setuju bahwa Kenny adalah pemain terbesar di tim yang mungkin bisa dikatakan sebagai tim terbaik Liverpool. Juga bahwa dia adalah manajer yang membangun tim luar biasa yang oleh mendiang Sir Tom Finney disebut Boys from Brazil.”

Dalglish Tersanjung
Kenny Dalglish berpose di dekat tulisan Kenny Dalglish Stand.
liverpoolecho.co.uk

Menanggapi penghargaan istimewa dari mantan klubnya, Dalglish mengaku sangat tersanjung.

“Ini adalah klub yang sangat berarti. Bukan hanya bagi saya, melainkan juga orang-orang yang tak terhitung jumlahnya yang telah berkontribusi entah lewat kemampuan sebagai pesepak bola, gairah sebagai suporter ataupun komitmen sebagai pemilik dan pengurus,” urai pria asal Skotlandia tersebut.

Dalglish yang tercatat sebagi tonggak awal player-manager di sepak bola Inggris itu pun punya harapan besar. “Saya berharap orang-orang yang duduk di tribun dengan nama saya ini akan mandapatkan kenikmatan lebih dari menonton Liverpool seperti yang saya miliki saat bermain untuk mereka,” papar dia.

Dalglish bergabung dengan Liverpool dari Celtic pada 1977. Dia tampil dalam 515 pertandingan yang dilakoni The Reds dengan torehan 172 gol. Dia juga sempat menjadi manajer The Reds pada 1985-1991 dan 2011-12.

Sebagai pemain, dia mempersembahkan delapan trofi Liga Inggris, tiga trofi Piala Champions, dua trofi Piala FA, lima trofi Piala Liga, dan satu trofi Piala Super Eropa. Adapun sebagai manajer, King Kenny membawa The Reds tiga kali juara Liga Inggris, dua kali juara Piala FA, dan sekali juara Piala Liga.

Comments
Loading...