5 Mantan Pemain Liverpool dan Chelsea

Football5star.com, Indonesia – Laga sarat gengsi akan tersaji di Stadion Anfield, Minggu (14/4) malam, yakni bentrok Liverpool vs Chelsea. Pertandingan ini akan menentukan nasib kedua tim di akhir musim kompetisi Premier League musim ini.

Liverpool butuh kemenangan untuk menjaga persaingan menuju tangga juara. Saat ini, anak asuh Juergen Klopp masih unggul dua angka di puncak klasemen liga dari Manchester City. Skuat beralias The Citizens saat ini masih menyimpan satu laga sehingga perubahan posisi puncak terbuka lebar.

Di sisi lain, Chelsea butuh tambahan poin untuk mengamankan posisi empat besar di papan klasemen. Saat ini, mereka ada di peringkat ketiga dengan 66 poin. Masalahnya, Tottenham Hotspur (64) dan Arsenal (63) membuntuti di bawah dengan jarak maksimal dua angka.

Akan tetapi, kedua klub pernah saling “bertukar” pemain di masa lalu. Berikut 5 pemain yang pernah membela Liverpool dan Chelsea di masa lalu.

Glen Johnson

Glen Johnson memulai karier profesionalnya begitu lulus dari akademi West Ham United. Sempat dipinjamkan ke klub rival, Millwall, ia ditransfer secara permanen ke Chelsea pada Juli 2003. Bersama The Blues, ia tampil dalam 70 pertandingan dan mencetak empat gol.

Glen Johnson - Liverpool - Chelsea - Football5star
thisisanfield.com

Kedatangan Jose Mourinho serta gelontoran dana besar dari Roman Abramovic membuatnya tersingkir dari tim utama. Sempat dipinjamkan ke Portsmouth pada 2006 dan dilepas secara permanen semusim berselang.

Namanya terangkat ke jajaran pesepak bola top Inggris ketika Liverpool memboyongnya pada 2009. Tak tanggung-tanggung, tim beralias The Reds dengan berani menggelontorkan 18 juta poundsterling. Jumlah yang tergolong besar pada saat itu. Awal tahun ini, ia mengumumkan pensiuan dari dunia sepak bola setelah terkatung-katung tanpa klub selama enam bulan sebelumnya.

Nicolas Anelka

Tak banyak yang tahu pria Prancis ini pernah membela Liverpool. Pada bursa transfer musim dingin 2002, Anelka datang dari Paris Saint-Germain dengan status pinjaman. Selama enam bulan, Anelka muda mencetak lima gol dari 22 pertandingan.

Anelka - Liverpool - Chelsea - Football5star
rushthekop.com

Akan tetapi, tidak banyak yang bisa dikenang dari sepak terjang Anelka dalam periode singkat tersebut. Hingga akhirnya Manchester City lebih meminatinya dan membayar tebusan sebesar 13 juta pounds. Sempat berkelana ke Fenerbache dan Bolton, nasib membawanya ke ibu kota Inggris.

Bersama Chelsea, ia tercatat sebagai duet tersubur Liga Inggris bersama Didier Drogba pada musim 2009/10. Kerja sama apik di antara keduanya menghasilkan gelar liga di akhir musim. Selepas itu, penampilannya terus meredup hingga akhirnya dilepas gratis ke Shanghai Shenhua. Ia menjadi salah satu pionir eksodus pemain Eropa ke Cina

Yossi Benayoun

Persamaan antara Benayoun dan Nicolas Anelka adalah keduanya pernah membela Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Pemain yang disebut-sebut sebagai salah satu produk terbaik Israel itu datang ke Inggris dengan membela West Ham United pada 2005.

Benayoun - Chelsea - Liverpool - Football5star
standard.co.uk

Dua musim berselang, Liverpool merekrutnya dengan banderol 6,5 juta pounds. Penampilannya bersama The Reds pun tak terlalu mengecewakan. Dirinya sempat menjadi pemain andalan lini tengah era Rafael Benitez. Total ia mencetak 29 gol dari 134 laga bersama Liverpool.

Tiga musim berselang, ia pindah ke Chelsea dengan harga yang tak terlalu jauh berbeda. Satu trofi berhasil ia raih saat mengalahkan Benfica di laga final Liga Europa 2012/13. Baru-baru ini, ia mengumumkan rencana pensiun dari dunia sepak bola setelah kontraknya bersama Beitar Jerusalem habis di akhir musim.

Raul Meireles

Raul Meireles adalah satu dari sedikit pemain yang berani pindah klub karena faktor pelatih. Pada 2011, Chelsea baru saja menunjuk Andre Villas-Boas menjadi manajer menyusul torehan gemilang bersama FC Porto.

Meireles - Chelsea - Liverpool - Football5star

Meireles, yang tergiur bermain di bawah asuhan pelatih dengan negara sama, setuju pindah dari Liverpool dengan biaya 12,15 juta pounds. Akan tetapi, kariernya di London pun tak bertahan lama seiring kinerja buruk sang pelatih.

Sebelumnya, Meireles didatangkan dari FC Porto ke Liverpool pada Agustus 2010. Bersama The Reds, pemain kelahiran Porto tersebut mengemas lima gol dari 44 pertandingan. Tak jauh berbeda dengan saat di Chelsea yakni enam gol dari 48 laga.

Fernando Torres

Keputusan Torres menerima pinangan 50 juta pounds dari Chelsea pada 2011 sempat menghebohkan jagat sepak bola. El Nino yang tampil mentereng sejak didatangkan dari Atletico Madrid pada 2007, di luar dugaan meninggalkan Liverpool yang sedang dalam masa transisi.

Selama tampil menghibur publik Anfield, Torres mengemas 81 gol dari 142 pertandingan. Selama tiga musim di Liverpool, tak ada satu gelar pun yang ia raih bersama The Anfield Gank. Namun, dari segi individu, Torres sudah mencuri hati para fans sehingga tak heran, keputusannya pergi dikecam banyak orang.

Liverpool - Torres - Chelsea - Football5star
theanfieldwrap

Pemain kelahiran Madrid itu mengalami penurunan performa yang sangat drastis begitu pindah ke Chelsea. Meski demikian, Torres berhasil meraih prestasi yang tak pernah ia rasakan bersama Liverpool yakni satu trofi Liga Champions, satu Liga Europa, serta satu kali juara Piala FA.

Comments
Loading...