Liverpool vs Chelsea: The Reds Juara Piala Super Eropa

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan Piala Super Eropa yang mempertemukan Liverpool vs Chelsea di Vodafone Park, Istanbul, Turki, Kamis (15/8/2019) berhasil dimenangkan oleh Liverpool lewat babak penalti setelah di waktu normal bermain imbang 2-2. Kemenangan ini membuat The Reds jadi yang terkuat di Eropa.

Pada babak pertama kedua tim tunjukkan permainan terbuka. Chelsea coba terapkan umpan-umpan pendek untuk membongkar rapatnya lini belakang Liverpool. Sementara The Reds masih tetap tunjukkan skema serangan dari sisi sayap.

Sadio Mane hampir saja membuat Liverpool unggul. Mendapat umpan silan dari Fabinho, Mane menyambutnya dengan sepakan akrobatik. Sayang peluan Mane hanya hasilkan sepak pojok.

Tak beberapa lama kemudian, giliran Chelsea yang mendapat peluang. Memanfaatkan serangan balik, Pedro Rodriguez pun coba melepaskan tembakan ke gawang Liverpool. Tapi sepakan eks pemain Barcelona tersebut masih belum tepat sasaran.

Pedro kembali mendapat peluang emas. Berhasil lewati Joel Matip, eks pemain Barcelona lepaskan sepakan keras. Sayangnya sepakan Pedro hanya membentur tiang gawang.

Pada menit ke-35, Chelsea akhirnya mampu membuka keunggulannya atas Liverpool. Adalah Giroud yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan dari Christian Pulisic, Giroud lalu melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi oleh kiper Liverpool, Adrian.

Chelsea di akhir babak pertama hampir saja mampu menggandakan keunggulan. Sayang gol yang dicetak oleh Pulisic dianulir wasit. Pemain asal Amerika Serikat itu terlebih dahulu berada di posisi offside.

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Chelsea 1-0.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Liverpool yang tertinggal satu gol berinisiatif menekan sejak peluit dibunyikan. Kolaborasi antara Salah, Firmino, dan Mane mulai mengancam gawang Chelsea.

Setelah beberapa kali peluang dan tekanan ke lini belakang The Blues. Liverpool akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-48. Sadio Mane sukses mengkonversi umpan pendek yang disodorkan Firmino. 1-1 Liverpool menyamakan kedudukan.

Di pertengahan babak kedua, Giroud hampir saja mencetak gol keduanya. Lolos dari jebakan offside, pemain Prancis itu tinggal berhadapan dengan Adrian. Sayang tembakan eks striker Arsenal itu masih melebar.

Memasuki akhir babak kedua, kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga tunjukkan aksi gemilang. Kiper asal Spanyol itu lakukan double save dari ancaman pemain Liverpool.

Menit ke-83, Sadio Mane mendapat peluang emas. Namun tembakan pemain asal Pantai Gading ini masih melebar dari sisi gawang Kepa. Hingga waktu normal 90 menit, kedua tim tidak mampu mencetak gol. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak extra-time.

Pada babak tambahan waktu, drama tercipta. The Reds sempat unggul 2-1 lewat gol kedua Sadio Mane. Gol kedua Mane tercipta pada menit ke-95 memanfaatkan umpan Firmino.

Namun pada menit ke-100, Jorginho sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat eksekusi penalti. Hingga babak extra-time kedua, Liverpool dan Chelsea tidak menambah gol mereka. Laga pun harus diakhiri dengan babak adu penalti.

Babak Adu Penalti

Pada babak adu penalti, Firmino yang jadi algojo pertama untuk Liverpool berhasil menjalankan tugasnya. Jorginho sebagai eksekutor pertama Chelsea juga berhasil mengelabui Adrian.

Fabinho juga berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo kedua Liverpool. Pemain pengganti Ross Barkley juga sukses sebagai eksekutor Chelsea. Divock Origi yang jadi eksekutor The Reds juga sukses menjalankan tugasnya.

Mason Mount juga mampu menjalankan tugasnya, begitu juga dengan penalti dari Alexander-Arnold. Pun dengan pemain Chelsea keempat Emerson. Mohamed Salah yang jadi eksekutor penalti Liverpool juga mampu menaklukkan Kepa.

Sayang eksekutor terakhir Chelsea, Tamy Abraham gagal menjalankan tugasnya. Liverpool pun menjadi juara Piala Super Eropa.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Liverpool: Adrián; Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Milner; Oxlade-Chamberlain, Salah, Mané.

Cadangan: Lonergan, Kelleher, Wijnaldum, Firmino, Lallana, Shaqiri, Brewster, Origi, Hoever, Alexander-Arnold, Elliott.

Kartu kuning: Jordan Henderson
Kartu merah:

Pelatih: Jurgen Klopp

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, Christensen, Zouma, Emerson; Kovacic, Jorginho, Kanté; Pedro, Pulisic, Giroud.

Cadangan: Caballero, Rudiger, Alonso, Zappacosta, Tomori, Mount, Kennedy, Gilmour, Barkley, Batshuayi, Abraham, Willian.

Kartu kuning: Cesar Azpilicueta
Kartu merah:

Pelatih: Frank Lampard

Comments
Loading...