Liverpool vs City Dipimpin Michael Oliver, Semoga Tak Ada Pemain Bernasib Nahas

Football5star.com, Indonesia – Partai sarat gengsi akan tersaji di pekan ke-23 Liga Inggris. Liverpool menjamu Manchester City di Stadion Anfield, Minggu (7/2/2021). Laga kedua tim akan dipimpin wasit 35 tahun, Michael Oliver.

Nama Michael Oliver tentu tak asing bagi penggemar Liverpool. Wasit kelahiran Ashington, Inggris ini menjadi pengadil di derbi Merseyside melawan Everton pada 17 Oktober 2020. Pada pertandingan ini, Liverpool kehilangan Virgil van Dijk akibat terjangan Jordan Pickford.

Michael Oliver - Derbi Merseyside - Jordan Pickford - Sport Times

Akibat terjangan horor dari Pickford, bek asal Belanda itu mengalami cedera ligamen lutut. Beruntung bagi Pickford, Oliver sama sekali tak memberinya kartu. Beberapa bulan kemudian, Oliver mengakui bahwa dirinya salah tak menghukum Pickford.

Menariknya meski mengakui salah tak menghukum Pickford, Oliver justru menimpakan kesalahan kepada pemain Liverpool lainnya.

“Kami seharusnya bisa tetap memberi offside dan mengusir Pickford. Yang membuat saya terkejut adalah tidak ada pemain Liverpool di lapangan yang meminta kartu merah. Tidak ada pemain yang memintanya,” ujar Oliver seperti dikutip dari Daily Mail, Januari 2021.

Kontroversi Michael Oliver

Itu bukan pertama kali Oliver mengakui bahwa ia keliru mengambil keputusan di laga krusial. Pada 2018 misalnya, ia jadi sasaran kemarahan dari Jose Mourinho yang saat itu melatih Manchester United. Hal ini lantaran Oliver tak memberi penalti kepada United saat melawan Chelsea di final Piala FA.

“Saya menjadi wasit final Piala FA antara Manchester United dan Chelsea pada 2018. Saya memberikan penalti kepada Chelsea karena ada pelanggaran dari Phil Jones kepada Hazard. Keputusan itu yang terbaik yang saya buat, tanpa intervensi dan terbukti benar,” kata Oliver

Sebagai seorang pengadil di Liga Inggris, rekam jejak Oliver boleh dibilang cukup kontroversial. Maka tak mengherankan ditunjuknya Oliver laga Liverpool vs City timbulkan reaksi negatif, utamnya dari para pendukung The Reds.

Dari catatan statistik whoscored, Oliver pada musim ini di Liga Inggris telah mengeluarkan 43 kartu kuning dan 2 kartu merah. Pemain Manchester United paling banyak mendapat kartu kuning dari Oliver yakni sebanyak 6 kartu kuning. Di tempat kedua, ada pemain Arsenal dengan koleksi 5 kartu kuning dari Oliver.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More