Lolos ke Piala Dunia 2018, Prestasi Terbesar Islandia

Football5star.com, Indonesia – Mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Islandia, Eggert Magnusson, menilai keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018 sebagai kesuksesan terbesar mereka sepanjang sejarah.

Islandia masih belum berhenti membuat gebrakan di panggung lapangan hijau. Setelah mengejutkan publik dengan melangkah hingga perempat final Piala Eropa 2016 lalu, kini mereka memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia.

Ini adalah pertama kalinya Islandia lolos ke Piala Dunia. Hebatnya lagi, mereka lolos dengan status sebagai juara Grup I berkat kemenangan 2-0 atas Kosovo pada Selasa (10/10/2017).

Magnusson mengaku sangat bangga dengan pencapaian Islandia. Menurutnya, kesuksesan di Piala Eropa 2016 lalu telah membuat mereka semakin percaya diri ketika menghadapi tim-tim tangguh.

“Ini adalah pencapaian luar biasa. Kami beruntung karena memiliki sekelompok pemain yang sangat berdedikasi dan selalu bermain bersama-sama sebagai sebuah tim. Mereka melakukan hal-hal hebat dalam beberapa tahun terakhir,” ucap Magunsson seperti yang dikutip Sky Sports.

“Dapat dikatakan bahwa ini merupakan pencapaian yang lebih hebat ketimbang lolos ke Piala Eropa karena kami finis sebagai juara grup. Ada 24 tim yang lolos ke putaran final Piala Eropa, jadi Piala Dunia lebih sulit,” tutur dirinya.

Untuk diketahui, Islandia menjadi negara dengan jumlah penduduk paling sedikit (kira-kira 350.000 jiwa) yang pernah lolos ke Piala Dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Trinidad & Tobago yang berpenduduk 1,3 juta jiwa ketika lolos ke Piala Dunia 2006.

Eggert MagnussonIslandiaKualifikasi Piala Dunia 2018Piala Dunia 2018