Louis van Gaal: Corona Dimanfaatkan Klub untuk Cari Keuntungan

Football5star.com, Indonesia – Pelatih kawakan Belanda, Louis van Gaal, berkomentar soal pandemi corona yang tengah menghantui dunia. Ia menganggap ada klub yang memanfaatkan musibah ini demi keuntungan sendiri.

Seperti diketahui, pandemi corona membuat banyak kompetisi di dunia terhenti. Beberapa di antaranya bahkan belum bisa menentukan kapan kompetisi akan dimulai kembali, seperti Premier League, Serie A, dan LaLiga.

Di sisi lain, banyak yang beranggapan bahwa kompetisi musim ini harus disudahi dan juara ditentukan melalui klasemen terakhir sebelum kompetisi ditunda.  Bagi Louis van Gaal, opsi ini sama sekali bukan jalan keluar. Karena menurutnya pemenang hanya bisa ditentukan di lapangan.

liga italia-virus corona
Asia Times

“Dalam sepak bola, pemenangan hanya bisa ditentukan di lapangan. Saya melihat ada klub yang menggunakan virus corona ini untuk keuntungan mereka sendiri,” ujar Van Gaal kepada media Belanda, Algemeen Dagblad, Minggu (5/4/2020).

“UEFA dan FIFA sangat terbuka untuk menyesaikan aturan dan menawarkan sedikit kelonggaran. Tidak masalah dengan itu. Mari kita mulai mengerjakannya agar semua bisa kembali seperti semula,” ia menambahkan.

Mantan juru taktik timnas Belanda ini juga mengkritisi pernyataan pihak Ajax Amsterdam yang menginginkan musim 2019-2020 dihentikan. Ia mengklaim itu hanya sebagai akal-akalan Ajax saja agar bisa mengunci gelar juara.

“Tidak mungkin setelah 25 pertandingan ada mekanisme yang membuat Ajax juara. AZ Alkmaar memiliki jumlah poin yang sama dan musim hanya selesai tiga perempat. Itu tidak masuk akal,” tutup Louis van Gaal.