Luar Biasa! Pemain Islandia Ini Kuasai 7 Bahasa

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Alfred Finnbogason, striker timnas Islandia, memang bukan siapa-siapa. Dia bukan tandingan Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Mohamed Salah. Namun, dia punya satu kelebihan. Diam-diam, dia menguasai tujuh bahasa.

Selain menguasai bahasa ibunya, Islandia, Finnbogason fasih berbicara dalam enam bahasa lain. Keenam bahasa itu adalah bahasa Inggris, Belanda, Swedia, Jerman, Spanyol, dan Italia.

Sudah bisa diterka, kemampuan istimewa itu didapat Finnbogason karena berkiprah di negara-negara tersebut. Dia pernah bermain untuk Helsingborg (Swedia), sc Heerenveen (Belanda), Real Sociedad (Spanyol), dan Lokeren (Belgia). Di antara negara yang pernah didiaminya, hanya Yunani yang bahasanya tak bisa dikuasai pemain Islandia tersebut.

Mengenai kelebihan dalam kemampuan berbahasa itu, Finnbogason punya satu alasan mendasar. Menurut dia, itu memang sebuah keharusan.

Alfred Finnbogason semasa membela Real Sociedad di Liga Spanyol.
losotros18.com

“Bagiku, sebagai pesepak bola profesional, aku harus mempelajari bahasa tempat bermain,” terang Finnbogason seperti dikutip Football5Star.com dari Bild.

Dalam belajar, striker yang kini membela FC Augsburg itu memanfaatkan berbagai cara. Selain belajar dari guru bahasa, dia juga memanfaatkan tayangan televisi.

“Seminggu sekali, ada guru bahasa Jerman yang datang dan mengajari kami soal tata bahasa. Sungguh sulit bagiku, terutama menyangkut kata sandang. Der, die, das. Aku bingung karena tak ada aturan khusus dan benar-benar harus mempelajarinya,” beber dia.

Pemain berumur 29 tahun itu menambahkan, “Beruntunglah, aku tertolong dengan menonton televisi. Sewaktu di Spanyol, aku kerap menonton acara anak-anak di televisi karena mereka berbicara dengan simpel dan jelas. Sungguh ideal untuk belajar. Di Jerman, bahasa di saluran anak-anak masih terlalu cepat. Sebagai solusinya, aku sering menonton berita.”

Apa pun caranya belajar, Finnbogason sungguh mengagumkan. Pasalnya, tujuh bahasa itu mampu dikuasainya dengan baik. Dia bisa berbicara sefasih penutur asli.

Comments
Loading...