Lucas Radebe: Pesepak Bola yang Menjadi Idola Nelson Mandela

Football5star.com, Indonesia – Nelson Mandela dikenal sebagai pahlawan yang berhasil membebaskan Afrika Selatan dari polik apartheid. Meski dianggap sebagai pahlawan, Nelson Mandela tak malu-malu mengakui kalau Lucas Radebe merupakan salah satu sosok yang ia idolakan.

Ya, Radebe yang dianggap sebagai legenda Leeds United dan timnas Afrika Selatan merupakan salah seorang sosok yang diidolakan Mandela. “Dia adalah pahlawan saya,” kata Nelson Mandela ketika mengunjungi markas Leeds United pada 2002 silam.

Ya, Radebe merupakan sosok yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Afrika Selatan. Predikat tersebut didapatkan Radebe berkat aksinya protesnya yang menentang politik apartheid serta prestasi gemilang di dunia sepak bola.

Lucas Radebe - Nelson Mandela - Afrika Selatan - Daily Mirror
Daily Mirror
AWAL KARIER

Lucas Radebe mengawali karier profesionalnya bersama raksasa Afrika Selatan, Kaizer Chiefs pada tahun 1989. Ketika itu, Radebe masih berusia 20 tahun dan mendapat izin bermain di Kaizer Chiefs dengan syarat tak boleh meninggalkan pendidikan.

Bersama Kaizer Chiefs, Radebe berhasil membuktikannya sebagai salah seorang pemain terbaik di Afrika Selatan. Namun, karier Radebe sempat terancam pada tahun 1991 setelah ia ditembak oleh orang tak dikenal.

“Peluru yang ditembak menembus punggung saya dan keluar di area paha. Untungnya, peluru tersebut tak menyentuh organ-organ vital,” kata Radebe dikutip dari The Independent.

Insiden ini sempat membuat karier Radebe berada dalam ancaman. Pasalnya, raksasa Turki yang berminat mendatangkan Radebe langsung mengurungkan niatnya. Pada akhirnya, Radebe bermain di Kaizer Chiefs hingga 1994.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More