Luis Hernandez, El Matador di Panggung Sepak Bola dan Tik Tok

Football5star.com, Indonesia – Dalam kurun beberapa tahun terakhir, striker dari negeri Sombrero, Meksiko yang main di kompetisi Eropa mulai menyita perhatian. Nama seperti Jared BorgettiJavier Hernandez dan Raul Jimenez menarik publik sepak bola dunia. Jauh sebelum kemunculan mereka, Meksiko juga pernah memiliki striker ganas yang sayangnya tak pernah mencicipi kompetisi Eropa. Ia adalah Luis Hernandez.

Luis Hernandez bukan striker sembarangan. Pemain kelahiran Poza Rica, Meksiko 51 tahun silam itu memiliki capaian fantastis sebagai seorang striker. Publik Meksiko dan Amerika Selatan menjuluki pemain satu ini dengan sebutan El Matador.

Legenda Luis Hernandez

Ia merentas sebagai striker jempolan bersama dengan pemain Meksiko hebat lainnya seperti Francisco Palencia dan Cuauhtemoc Blanco. Di Piala Dunia 1998, ketiga pemain ini jadi andalan untuk El Tri Meksiko. Karier sepak bola Hernandez dimulai saat ia bermain di Cruz Azul pada 19990. Satu tahun di Cruz Azul, Hernandez masih belum menujukkan kemampuannya sebagai striker ganas.

Baru saat ia bermain di Queretaro, kemampuan Hernandez mulai dilirik publik sepak bola Meksiko. Satu musim di klub ini, pemain bernama lengkap Luis Arturo Hernández Carreón itu catatkan 11 gol dari 28 penampilan. Catatan ini yang membuatnya semakin dipuja publik sepak bola Meksiko.

Kariernya makin menanjak saat ia bergabung ke Necaxa pada 1994. Pada periode ini ia sudah mendapat julukan El Matador. Hal itu lantaran gaya mainnya khas seorang torero saat menundukkan banteng. Layaknya banyak pemain Amerika di era itu, Hernandez pun memiliki ciri khas yang cukup mencolok. Berambut gondrong pirang dan mengenakkan nomor punggung 15.

Piala Dunia 1998

Legenda Luis Hernandez

Perhelatan Piala Dunia 1998 di Prancis bisa dibilang menjadi salah satu capaian terbaiknya di panggung sepak bola. Meksiko itu saat itu bergabung di grup E bersama Belanda, Belgia dan Korea Selatan. Pada laga pertama melawan Meksiko, pelatih Manuel Lapuente menduetkan Hernandez dengan Cuauhtemoc Blanco.

Hasilnya Meksiko menang 3-1, di mana Hernandez mencetak dua gol. Satu gol Hernandez di menit ke-75 disebut sebagai salah satu gol terbaik di Piala Dunia 1998. Mendapat umpan crossing dari Ramon Ramirez, dari sudut cukup sempit, Hernandez mampu ceploskan bola ke gawang Kim Byung-Ji.

Di Prancis 1998, Luis Hernandez catatkan 4 gol sama dengan torehan Ronaldo dan Marcelo Salas. Penampilan impresif di Prancis membuat ia mulai dilirik klub besar. Bahkan klub Eropa sebenarnya ingin merekrutnya jauh sebelum perhelatan Piala Dunia 1998.

Gagal di Boca dan Jadi Artis Tik Tok

Sebelum Piala Dunia 1998, Hernandez memang sudah membuat kagum publik sepak bola Amerika Selatan di Copa America 1997. Catatan golnya sama dengan Ronaldo dan Romario. Boca Juniors pun berusaha mendapatkannya dari Necaxa. Akan tetapi pihak klub hanya mau memberi opsi peminjaman.

Hernandez datang ke Boca di waktu yang tidak tepat. Pelatih Boca saat itu, Héctor Rodolfo Veira tak pernah memberikan kesempatannya untuk unjuk skill. Maklum saja lini depan Boca sudah diisi banyak bomber jempolan mulai dari Diego Maradona, Claudio Caniggia, hingga Martin Palermo.

Setengah musim ini di Boca, Hernandez hanya bermain 4 kali dan mencetak 2 gol. Boca juga yang membuatnya ia tak pernah bisa berkarier di Eropa. Karier Hernandez hanya berkuat di klub lokal dan satu klub MLS yakni LA Galaxy yang dibelanya pada 2000. Tiga tahun di MLS bersama LA Galaxy, Hernandez cetak 15 gol dari 40 pertandingan.

Meski tak pernah bermain di Eropa, Hernandez mengaku tak pernah menyesal bermain di Boca. Salah satu yang membuat ia tetap optimis berkarier sebagai pesepak bola adalah sang istri, Liz Ramirez.

Bahkan hingga Hernandez pensiun dari sepak bola pada 2005, Ramirez selalu memberikan dukungan pada suaminya tersebut. Termasuk saat Hernandez memutuskan aktif menjadi konten kreator di aplikasi kekinian Tik Tok.

Dikutip Football5star.com dari heraldodemexico, Selasa (17/11/2020), Hernandez jadi sedikit mantan pemain bola yang memiliki video tik tok paling terkenal. Jumlah pengikut Hernandez di tik tok termasuk yang terbanyak di Meksiko. Ia memiliki 760 ribu pengikut di tik tok dan memiliki lika untuk videonya hampir lima juta pengguna.

Salah satu video Hernandez yang viral di tik tok adalah saat ia bersama seorang pria bernama Veracruz bergaya seperti dirinya saat membela klub Meksiko, Tigre.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More