Luis Hernandez Tak Pernah Main di Eropa Gara-Gara Boca Juniors

Football5Star.com, Indonesia – Masih ingat sosok Luis Hernandez, striker gondrong timnas Meksiko era 1990-an hingga 2000-an? Baru-baru ini, dia mengungkapkan sebuah fakta mengejutkan. Menurut dia, gara-gara Boca Juniors, dia tak pernah berkiprah di Eropa.

Sepanjang kariernya sebagai pesepak bola profesional dari 1990 hingga 2005, Luis Hernandez lebih sering berkutat di klub lokal. Hanya ada dua klub luar Meksiko yang pernah diperkuat pria yang kini berumur 51 tahun itu. Kedua klub itu adalah Boca Juniors (Argentina) dan LA Galaxy (AS).

Menurut Hernandez, kesempatan bermain di Eropa sempat didapatkan pada akhir 1990-an. Namun, dia tak mengambil opsi tersebut karena datang tawaran dari Boca Juniors.

“Saya datang ke Boca dengan prestasi tersendiri. Pada Copa America 1997 di Bolivia, Meksiko finis di posisi ketiga dan saya jadi pencetak gol terbanyak di atas Romario dan Ronaldo,” ujar Luis Hernandez seperti dikutip Football5Star.com dari TNT Sports.

Striker yang doyan memakai nomor 15 di timnas Meksiko itu menambahkan, “Saya terpilih jadi pemain terbaik dan mendapatkan tawaran dari tiga tim: Borussia Moenchengladbach, Monaco, dan Boca Juniors. Saya tentu saja memilih Boca.”

Hernandez menegaskan, andai tak ada tawaran dari Boca Juniors, dia akan memilih berkiprah di Eropa. Bagi dia, hanya Xeneizes yang mampu membuat dirinya jatuh hati.

“Jika River (Plate) yang mengontak, aku akan menolaknya. Aku akan lebih memilih pergi ke Eropa. Bukan aku membenci River. Mereka adalah tim hebat. Namun, (Alberto) Garcia Aspe punya pengalaman buruk di sana. Aku tak ingin mengalami hal yang sama,” urai Hernandez lagi.

Tak Sukses Tapi Tetap Indah

Putusan bergabung dengan Boca Juniors sebenarnya bisa dikatakan keliru. Di sana, Luis Hernandez gagal menembus tim utama. Dia pun sangat jarang bermain. Namun, tetap saja dia merasa puas dan tak pernah menyesali putusannya itu.

“Saya masih menganggap itu sebagai sesuatu yang indah. Ada kepuasan tersendiri bermain bersama Boca Juniors meskipun hanya di Copa Mercosur,” kata dia.

Bagi pencetak 4 gol bagi timnas Meksiko di Piala Dunia 1998 itu, masa-masa di Boca Juniors tetaplah indah. Salah satu sebabnya, ada sosok-sosok luar biasa di sana. Sebut saja Claudio Caniggia dan Diego Maradona.

“Bermain dengan Caniggia adalah sesuatu yang tak bisa dibandingkan dengan apa pun. Lalu, pada debut melawan Colo Colo, saya bermain bersama Maradona. Saya bergabung dengan Boca dan mendapat hadiah bermain bersama Maradona,” ujar Luis Hernandez lagi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More