Luis Suarez: Orang Cina di Inter hanya Fokus Cari Untung

Football5star.com, Indonesia – Legenda Inter Milan, Luis Suarez sampaikan kritik tajam kepada pemilik Nerazzurri, Suning Grup. Menurut Suarez, para pengusaha asal Cina tersebut hanya fokus mencari untung dibanding mengembalikan kejayaan Inter Milan.

“Saya tidak tahu Inter saat ini yang dikuasai oleh orang-orang Cina. Orang-orang ini membeli klub bukan untuk membuatnya menjadi hebat lagi tapi semata demi kepentingan bisni. Mereka tidak tertarik dengan hal lain kecuali untung,” ucap Suarez seperti dikutip Football5star.com dari Goal, Sabtu (17/10/2020).

El Mundo

Lebih jauh, Suarez pun mengkritik soal budaya dan kebijakan Suning Grup yang banyak menghilangkan identitas klub. Ia memberi contoh soal pergantian nama Sports City dengan Suning.

“Mereka telah mengubah nama Sports City dan sekarang mereka menggantinya menjadi Suning. Nama Morati hampir tidak terlihat.”

“Orang-orang itu tidak memiliki budaya sepak bola. Mereka tidak paham apa itu sepak bola, fokusnya hanya uang dan uang,” tambah pemain Inter di era 60-an tersebut.

Pemain bernama lengkap Luis Suárez Miramontes itu juga mengatakan bahwa ia mungkin juga tak dikenali oleh para penguasaha asal Cina tersebut. Padahal dirinya memberikan banyak gelar untuk Inter, termasuk dua gelar Liga Champions.

“Saya tidak tahu apakah mereka tahu bahwa saya tidak hanya bermain bersama Inter selama 9 tahun dan memberikan dua gelar Liga Champions. Tapi saya juga pernah bekerja selama 15 tahun bersama Moratti, anak dari Angelo Moratti, orang yang mendatangkan saya ke Inter,” tutup Suarez.

Pada 2016 lalu, Suning Grup resmi mengakuisisi klub Inter Milan. Perusahaan raksasa China itu membeli 70 persen saham Nerazzurri dari pebisnis Indonesia, Erick Thohir.

“Kami punya bisnis internasional dan merek kami akan segera besar di Eropa. Sekarang kami punya aliansi dengan klub papan atas internasional dan Eropa. Sepak bola tumbuh pada tingkat yang luar biasa di Cina dan akuisisi Inter merupakan langkah strategis,” ucap pemilik Suning, Jiansu Zhang Jidong saat itu.

Inter MilanLuis SuarezSerie A ItaliaSuning GroupSuning Grup