Lionel Messi dari Meksiko Runtuhkan Rekor 80 Tahun di LaLiga

Football5Star.com, Indonesia – Real Mallorca memang kalah 0-2 dari Real Madrid, Kamis (25/6/2020) dini hari WIB. Namun, klub itu menorehkan sejarah baru di LaLiga. Pemain mereka, Luka Romero yang dijuluki Lionel Messi dari Meksiko, mematahkan rekor yang telah bertahan 80 tahun!

Pada laga yang berlangsung di Stadion Alfredo Di Stefano, Luka Romero melakukan debut dalam umur 15 tahun 7 bulan 6 hari. Lionel Messi dari Meksiko kini tercatat sebagai debutan termuda pada pentas LaLiga.

Romero mematahkan rekor milik Francisco Bao Rodríguez “Sanson” yang dibuat pada 31 Desember 1939. Kala itu, Sanson melakukan debut di LaLiga pada umur 15 tahun 8 bulan 11 hari. Debut tersebut dilakukan bersama Celta Vigo saat menang 4-1 di kandang Sevilla.

Momen pemecahan rekor terjadi saat Romero diberi kepercayaan bermain oleh pelatih Vicente Moreno saat laga hendak berakhir. Memasuki menit ke-83, Lionel Messi dari Meksiko masuk menggantikan gelandang asal Ghana, Iddrisu Baba.

Nama Luka Romero mulai mencuri perhatian ketika diikutsertakan dalam latihan tim senior Real Mallorca pada 1 Juni lalu. Namanya kian mengemuka saat klubnya hendak menghadapi Barcelona. Maklum saja, dia waktu itu berpeluang langsung menghadapi Lionel Messi. Namun, dia urung bersua La Pulga. Bahkan, dia tak masuk skuat Mallorca.

Romero Bela Timnas U-15 Argentina

Luka Romero saat ini membela timnas U-15 Argentina.
tycsports.com

Luka Romero punya latar belakang unik. Dia lahir di Meksiko saat ayahnya yang berasal dari Argentina, Diego Romero, membela Alcarnes. Namun, dia hanya beberapa bulan saja tinggal di Meksiko. Dia lantas tinggal di Spanyol bersama orang tuanya.

Meskipun berjuluk Lionel Messi dari Meksiko, Romero tidaklah membela Tim Sombrero. Dua tahun lalu, ketika kemampuan apik sang pemain belia terendus, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) bergerak cepat. Mereka memanggil dia ke timnas U-15 Argentina. Dia pun kini dikabarkan terus dipantau pelatih timnas U-17 Argentina, Pablo Aimar.

Mengenai julukan yang didapatkan Luka Romero, sang ayah sebetulnya sudah lama tak terlalu suka. Dia menilai hal tersebut dapat menjadi beban berat dalam perjalanan karier sang anak. Asisten pelatih Mallorca, Dani Pendin, juga sepakat. Dia bahkan melihat sang pemain belia lebih mirip David Silva.

4 Debutan Termuda di LaLiga

Luka Romero (Real Mallorca) — 15 tahun 219 hari
Fernando Bao Rodriguez “Sanson” (Celta Vigo) — 15 tahun 255 hari
Pedro Irastorza (Real Sociedad) — 15 tahun 288 hari
Oscar Ramon (Real Zaragoza) — 15 tahun 289 hari