Madura United: Lebih Baik Liga 1 2020 Selesai, Restart Tahun Depan

Football5Star.comMadura United mendorong PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk memberhentikan total Liga 1 2020. Mereka menyebut kalau sebaiknya semua fokus dalam penanggulangan virus corona dan memulai kembali musim depan.

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menunda Liga 1 dan Liga 2 hingga 29 Mei 2020. Mereka menetapkan status force majeure pada periode Maret-Juni. Hal itu buntut kian meningkatnya kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia.

Kompetisi akan dihentikan andai pemerintah melanjutkan status darurat bencana. Direktur Madura United, Haruna Soemitro, menyebut kalau kompetisi musim ini disudahi saja untuk fokus menanggulangi masalah COVID-19.

“Saya tak mau berandai-andai. Lebih baik, kompetisi 2020 di-shutdown. Kita restart sepak bola Indonesia pada 2021, sehingga pemain dan klub dapat kepastian dan fokus ke musim 2021,” ungkap Haruna dikutip laman resmiklub.

Madura United: Lebih Baik Liga 1 2020 Selesai, Restart Tahun Depan
Instagram Madura United

Menurutnya, andai dipaksakan tetap berjalan malah mengubah banyak hal. Salah satunya soal Transfer Matching System (TMS). “Karena FIFA akan membuka lagi TMS windows kedua bulan Juli,” lanjut dia.

Apalagi, lanjut Haruna, Liga 1 2020 baru juga berjalan tiga pekan. Masih banyak tabungan pertandingan yang harus dijalani klub-klub dan akan membuat jadwal kian padat.

“Jika musim 2020 di-shutdown, kami juga mengurangi beban pikiran PSSI, sehingga federasi bisa fokus menyiapkan Piala Dunia U 20 mendatang, tanpa terganggu kompetisi domestik,” tutup dia.