Maksud di Balik Jersey Khusus Dortmund Saat Lawan Gladbach

Football5star.com, Indonesia – Ada hal berbeda dalam laga Borussia dortmund vs Borussia Moenchengladbach pada pekan pamungkas paruh pertama Bundesliga 1, Sabtu (22/12/2018) dini hari WIB. Dortmund tampak mengenakan jersey khusus. Di bagian depan, logo Evonik diganti tulisan “Danke Kumpel!”. Ternyata ada maksud khusus di balik jersey khusus Dortmund itu.

Jersey khusus Dortmund itu didedikasikan kepada para petambang batu bara yang selama satu abad menjadi bagian tak terpisahkan dan jadi identitas wilayah Lembah Ruhr. Jumat (21/12/2018), merupakan hari penutupan tambang batu bara hitam terakhir di Jerman. Akhir sebuah era.

Aksi Julian Weigl cs. dengan jersey khusus Dortmund saat lawan Gladnbach (rp-online.de)
rp-online.de

Guna menghormati hal itulah, Die Schwarzgelben membuat jersey khusus. “Batu bara, baja, dan bir adalah hal tak terpisahkan di sini. Mereka bersemayam di dalam buda yang lingkungan kami,” jelas CEO Die Schwarzgelben, Hans-Joachim Watzke  jelang penutupan tambang Bottrop seperti dikutip Football5Star.com dari The Local.

Dalam bahasa Jerman, kata kumpel bisa diartikan sebagai ‘kawan’ dan ‘petambang’. Jadi, Danke Kumpel! bisa diartikan ‘Terima kasih, kawan!’ atau ‘Terima kasih, petambang!’.

Sebelumnya, pada pekan ke-16, FC Schalke 04 juga melakukan hal serupa. Bahkan, ada sentuhan lebih dibanding jersey khusus Dortmund. Pada jersey yang dipakai para pemain saat menjamu Bayer Leverkusen, nama-nama tambang di Lembah Ruhr tercetak di bagian depan. Satu pemain, satu nama tambang.

Di samping membuat jersey khusus, Die Knappen juga mengundang 2.000 petambang untuk hadir di Stadion Veltins Arena. Di mata pakar sepak bola lokal, Hartmut Hering, jersey khusus Dortmund dan Schalke memang kental nuansa pemasaran, tapi itu juga tetap bisa dipandang sebagai pembuktian identitas kepada para fans masing-masing di Lembah Ruhr.