Malaysia Umumkan Skuat untuk Piala AFF 2018

Football5star.com, Indonesia – Genderang perang turnamen Piala AFF 2018 sudah siap ditabuh pada 8 November 2018 nanti. Beberapa negara sudah merilis 23 nama yang akan memperkuat timnas mereka di turnamen akbar antar-negara Asia Tenggara ini. Salah satu negara yang sudah siap tempur adalah negara tetangga dekat Indonesia, Malaysia.

Negeri Jiran baru saja mengumumkan 23 nama pemain mereka malam ini. Skuat asuhan Tan Cheng Hoe ini berisi beberapa nama pemain muda dan pemain senior yang familiar bagi publik Indonesia. Uniknya, Cheng Hoe menyisihkan beberapa nama-nama pemain keturunan Malaysia yang punya kemampuan oke.

Sebagai contoh, tidak ada nama bek kanan, Matthew Davies, yang jadi andalan Timnas U-23 di SEA Games 2017 lalu. Daftar ini lebih panjang lagi karena tak dimasukkannya nama-nama seperti Brendan Gan, Junior Edstal, Khair Jones, Darren Lok, hingga gelandang andalan Johor Darul Ta’zim (JDT), Natxo Insa.

Tidak adanya nama Natxo Insa mungkin jadi kejutan besar. Kakak dari Kiko Insa ini adalah salah satu gelandang terbaik di Malaysia Super League. Dia juga punya rekam jejak karier yang mentereng dengan pengalamannya berlaga di Liga Spanyol. Namun, dirinya kini tak diangkut oleh Cheng Hoe ke dalam skuat menuju Piala AFF 2018.

Sebagai gantinya, eks pelatih Kedah ini memanggil banyak pemain muda semisal duo winger muda eksplosif, Safawi Rashid dan Akhyar Rashid. Beberapa pemain muda potensial lain juga menerima panggilan seperti Adam Nor Azlin dan Syazwan Andik. Selain itu, masih ada nama gelandang muda, Irfan Zakaria. Yang patut dicermati, Cheng Hoe juga membawa gelandang serang naturalisasi asal Gambia yang bermain bagi Pahang, Mohamadou Sumareh. Pemain berusia 27 tahun ini baru selesai proses naturalisasi pada April 2018 lalu.

Malaysia Cheng Hoe Piala AFF 2018
Foto: goal.com

Yang unik, dua nama senior yang familiar bagi publik Indonesia, juga ada di skuat final ini. Dia adalah kiper veteran, Khairul Fahmi Che Mat dan penyerang gaek, Norshahrul Idlan Talaha. Idlan Talaha adalah tandem Safee Salli ketika Malaysia mengalahkan Indonesia di partai final Piala AFF 2010.

Malaysia sendiri berada di Grup A bersama Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Laga pertama mereka adalah bertandang ke markas Kamboja pada 8 November 2018.

 

Daftar 23 Nama Pemain Timnas Malaysia untuk Piala AFF 2018:

 

Penjaga gawang:

Hafizul Hakim Khairul Nizam Jothy (Perak)
Farizal Marlias (JDT)
Khairul Fahmi Che Mat (Melaka United)

Pemain belakang:

Aidil Zafuan Abdul Razak (JDT)
Adam Nor Azlin (JDT)
Shahrul Saad (Perak)
Amirul Azhan Aznan (Perak)
Nazirul Naim Che Hashim (Perak)
Syazwan Andik Ishak (Kuala Lumpur)
Irfan Zakaria (Kuala Lumpur)
Syahmi Safari (Selangor)

Pemain tengah:

Syamer Kutty Abba (JDT)
Safawi Rasid (JDT)
Kenny Pallraj (Perak)
Akram Mahinan (Kedah)
Syazwan Zainon (Kedah)
Akhyar Rashid (Kedah)
Mohamadou Sumareh (Pahang)

Pemain depan:

Ahmad Hazwan Bakri (JDT)
Syafiq Ahmad (JDT)
Zaquan Adha Abdul Razak (Kuala Lumpur)
Norshahrul Idlan Talaha (Pahang)
Shahrel Fikri Md Fauzi (Nakhon Ratchasima)

Comments
Loading...