Manchester City Jadi Tim Termahal Sepanjang Sejarah Sepak Bola

Football5star.com, Indonesia – Pada era sepak bola industri seperti saat ini, uang punya peran penting dalam membangun kekuatan tim. Hal ini pula yang sedang dirasakan klub kaya Inggris, Manchester City.

Klub asal Manchester baru saja mencetak rekor baru. Mereka jadi klub pertama sepanjang sejarah sepak bola yang nilai skuatnya mencapai milyaran euro.

Seperti yang dikutip Football5star dari CIES Football Observatory, Manchester City selama ini sudah mengeluarkan 1 milyar euro lebih untuk menggaet pemain. Mereka unggul tipis di atas Paris Saint-Germain yang mengeluarkan 913 juta euro di bursa transfer selama ini.

Gareth Barry memprediksi Manchester City akan kembali juara Premier League.
Bet Chicago

Keberhasilan The Citizen mencatatkan rekor ini tentu tak lepas dari keberadaan investor terpandang Abu Dhabi, Syeikh Mansour, yang mengakuisi klub 2009 silam. Sejak saat itu hampir tidak ada pemain yang tidak bisa mereka datangkan.

Nama-nama tenar berbanderol mahal pun berhasil didaratkan ke Stadion Etihad seperti Robinho, Sergio Aguero, Kevin De Bruyne, Aymeric Laporte, Riyad Mahrez, dll.

Di sisi lain, terdapat perbandingan yang sangat jauh pada skuat termahal dan termurah di Premier League. Skuat City 32 kali lebih mahal dibanding Norwich City. Tapi perbandingan di Inggris ini terbilang masih masuk akal dibanding apa yang terjadi LaLiga Spanyol dan Ligue 1 Prancis.

Di Spanyol, Real Madrid yang memiliki skuat termahal sangat berbeda jauh dengan tim termurah, Real Mallorca. Skuat klub ibu kota 148 kali lipat lebih mahal. Sedangkan di Ligue 1, skuat PSG 114 kali lebih mahal daripada Nimes.

Comments
Loading...