Manchester City Juga Punya Vincent Kompany

Football5star.com, Indonesia – Diangkatnya Andrea Pirlo jadi pelatih Juventus gantikan Maurizzio Sarri menambah daftar pemain yang jadi arsitek untuk mantan klubnya beberapa tahun terakhir ini.

Nama-nama pemain yang beken di era 80-an dan 90-an sebagai pemain kini sudah menjelma jadi pelatih muda berbakat. Sejak era Pep Guardiola diangkat jadi pelatih oleh Barcelona diterukan Luis Enrique, sejumlah klub besar Eropa ramai-ramai menunjuk mantan pemain mereka untuk jadi pelatih anyar.

Chelsea dengan Frank Lampard, Arsenal ada Mikel Arteta, Bayern Munich punya Hansi Flick, Manchester United miliki Ole Gunnar Solskjaer, Atletico Madrid bersama Diego Simeone dan terakhir tentu saja Zinédine Zidane dengan Real Madrid. Ada juga Steven Gerrad yang meski tak melatih Liverpool.

Andrea Pirlo dinilai Alessandro Del Piero akan dapat melebihi kehebatan Zinedine Zidane sebagai pelatih.

Optimisme pengangkatan Pirlo sebagai pelatih anyar Juventus muncul ke permukaan. Mantan pemain seperti Del Piero bahkan menyebut Pirlo bisa saja lebih sukses dari Zidane.

“Sebetulnya tidak tepat membandingkan mereka. Zizou terlebih dahulu melatih tim B dan sempat menjadi asisten Carlo Ancelotti. Namun, Pirlo punya kemampuan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dari Zidane,” ucap Del Piero seperti dikutip Football5star.com dari Football Italia, Minggu (9/8/2020).

Tak salah dengan rasa optimisme Del Piero. Toh Lampard yang juga memiliki karier kepelatihan minim bisa dibilang cukup sukses bersama Chelsea di musim ini. Sokongan dana besar dan pemain berkualitas tentu jadi salah satu faktor penunjang pelatih muda ini torehkan prestasi di lapangan hijau.

Manchester City punya siapa?

Pertayaan yang kemudian muncul di sosial media pasca pengangkatan Pirlo oleh Juventus adalah siapa pemain Manchester City yang layak untuk jadi pelatih muda berbakat?

Sejak dibangun oleh mantan perdana menteri Thailand, Thaksin Shinawatra, City sudah menjelma klub besar Eropa. Sejumlah pemain hilir mudik bermain di Etihad Stadium. Sudah 14 gelar berhasil di raih City sejak berstatus klub besar Eropa.

Artinya dengan raihan gelar tersebut, City juga memiliki mantan pemain dengan status bintang. Mulai dari Stephen Ireland, Shaun Wright-Phillips, Robinho, hingga mantan kapten mereka Vincent Kompany.

Nama terakhir harusnya bisa mewakilikan City jadi klub yang menyumbang mantan pemainnya jadi pelatih muda berbakat. Meski Kompany bukan didikan asli Manchester City, namanya besar saat main di Etihad. Toh nama-nama seperti Pirlo, Solskjaer dan Lampard juga bukan hasil didikan klub mereka saat ini.

Sayang karier Kompany sebagai pelatih di Anderlecht tak berjalan mulus. Pada Agustus 2019, ia resmi melepas jabatannya sebagai pelatih dan digantikan oleh Frank Vercauteren. Kompany saat itu beralasan dirinya ingin fokus menjadi pemain dan kapten Anderlecht.

Sebelumnya manajemen Anderlecht memang mengangkat Kompany sebagai pelatih dan pemian seperti layaknya Gianluca Vialli saat di Chelsea. Naas, ekspektasi manajemen klub tak mampu dibayar lunas oleh Kompany. Saat melatih Kompany gagal memberikan kemenangan di empat laga pembuka Liga Belgia musim ini.

Anderlecht sendiri di musim 2019-20 harus puas bertengger di posisi ke-8 Liga Belgia dan Kompany harus masuk ruang operasi karena mengalami cedera di bagian selangkangan.

Jika Kompany masih butuh waktu lama untuk muncul ke permukaan layaknya Pirlo di Juventus atau Lampard di Chelesa, lantas Manchester City punya siapa lagi? Masih ada satu nama yakni Uwe Rosler yang saat ini melatih tim yang terdegradasi dari Bundesliga, Fortuna Düsseldorf.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More