Manchester City: Meski Blunder, Debut Claudio Bravo Tetap Dianggap Terbaik

Claudio Bravo memang melakukan blunder yang mengakibatkan gol pada laga debutnya bersama Manchester City. Namun, dia tak lantas menuai kritik. Bravo justru dipuji berkat performa apiknya kala membantu Man City menang 2-1 atas Manchester United di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9).

Di laga tersebut, Man City sempat tampil perkasa dengan unggul dua gol lebih dahulu melalui Kevin De Bruyne dan Kelechi Iheanacho. Namun, sebuah blunder Bravo membuat Man United mampu mencetak gol balasan.

Bravo yang coba menghalau bola tendangan bebas, bertabrakan dengan bek Man City, John Stones, hingga bola tak mampu diamankan. Zlatan Ibrahimovic yang berdiri bebas dengan leluasa melesakkan bola liar ke gawang dengan tendangan voli.

Selain itu, Bravo juga dinilai cukup berani dengan sering maju meninggalkan gawang hingga sempat melakukan tackle berbahaya kepada kapten Man United, Wayne Rooney, di dalam area penalti.

Terlepas dari segala aksi nekat itu, Bravo tetap dibela Guardiola. Manajer asal Spanyol itu memuji performa Bravo yang dianggap sesuai keinginannya.

“Apa yang dilakukan Claudio pada hari ini adalah salah satu performa terbaik yang pernah saya lihat,” puji Guardiola kepada Sky Sports.

“Untuk bola panjang, dia keluar untuk menjemputnya. Itu sangat penting di mata saya. Dalam sepak bola, ketika Anda membuat kesalahan, itu persoalan bagaimana Anda bereaksi terhadapnya,” sambungnya.

Mengenai gol Ibrahimovic, Guardiola menambahkan: “Itu hanya kesialan, karena Claudio ada di sana saya pikir dia terlibat kontak dengan Stones dan kadang-kadang itu terjadi di sepak bola. Saya pikir lebih brilian aksi dari Ibrahimovic daripada kesalahan dari Claudio,” pungkas mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut.