Manchester City Terancam Turun Kasta dan Kehilangan Gelar Juara 2014

Football5star.com, Indonesia – Hukuman yang dijatuhkan federasi sepak bola Eropa, UEFA kepada Manchester City terkait pelanggaran Finansial Fair Play (FFP) tidak hanya membuat mereka tak bisa tampil di Liga Champions. City bahkan berpotensi turun kasta dan kehilangan gelar juara 2014.

Meski Manchester City masih bisa untuk melakukan banding namun pihak otoritas Liga Inggris seperti dikutip Football5star.com dari The Independent, Minggu (16/2/2020) berencana untuk mengambil tindakan terkait kasus yang menimpa anak asuh Pep Guardiola tersebut.

Laporan dari Daily Mail menyebutkan komite Liga Inggris tengah berupaya untuk menjatuhkan sanksi lebih berat kepada City. Baru-baru ini otoritas Liga Inggris telah mengubah aturan tentang klub yang terjerat kasus finansial. Aturan tersebut menjatuhkan sanksi berupa turun kasta hingga ke League Two atau kasta keempat liga Inggris.

Manchester City dihukum UEFA tak boleh main di Liga Champions setelah terbukti melanggar Financial Fair Play.
wesportfr.com

Selain itu, otoritas Liga Inggris yang tengah melakukan investigasi terpisah juga bisa saja menjatuhkan pencopotan gelar juara Liga Inggis 2014 yang diraih oleh Manchester City. Jika dari hasil investigasi otoritas Liga Inggris ditemukan pelanggaran lain, hukuman yang paling minimum yang diterima City ialah pengurangan poin.

Namun pihak otoritas Liga Inggris belum mau berkomentar lebih jauh terkait investigasi mereka. Sejumlah media di Inggris juga masih menduga-duga, apakah nantinya gelar juara City di 2012 juga akan dicabut, Namun, investigasi otoritas Liga Inggris akan menyelidiki laporan keuangan dari periode 2012 hingga 2016 seperti yang dilakukan pihak UEFA.

Pihak UEFA sendiri dalam keputusannya menyebutkan bahwa Manchester City memanipulasi pendapatan sponsor pada periode 2012 hingga 2016. Atas pelanggaran tersebut, City dilarang tampil selama dua musim di Liga Champions dan denda sebesar 30 juta euro.

“Kami telah memberlakukan tindakan disiplin pada City mengarahkan bahwa mereka akan dikeluarkan dari partisipasi dalam kompetisi klub UEFA dalam dua musim ke depan dan membayar denda 30 juta euro,”