Manchester City vs Manchester United: Etihad Bukan Neraka Setan Merah

Football5star.com Indonesia – Jelang duel Manchester City vs Manchester United di Liga Inggris, Minggu (7/3/2021), tim tamu tak perlu minder dengan catatan impresif tuan rumah. Pasalnya, Stadion Etihad yang menjadi markas The Cityzens sejatinya bukan neraka bagi Setan Merah.

Memang, baik Manchester City atau Manchester United sama-sama bisa mengusungkan dada dalam menyambut Derbi Manchester akhir pekan ini. Pasalnya, kedua tim memiliki modal apik sesuai status masing-masing dalam pertandingan besok.

Reuters

Manchester United memang tengah memasuki tren negatif . Tiga pertandingan beruntun anak asuh Ole Gunnar Solskjaer cuma bisa imbang 0-0. Total, sudah enam kali mereka mengakhiri laga dengan tanpa gol. Menariknya, lima hasil 0-0 itu justru ketika menghadapi tim papan atas seperti Chelsea (2 kali), Manchester City, Arsenal, dan Liverpool.

Meski begitu, dalam duel Manchester City vs Manchester United di Stadion Etihad kali ini, tim beralias Red Devils itu juga memiliki catatan apik dalam laga tandang. Mereka menjadi satu-satunya tim di 5 liga top Eropa yang belum menderita kekalahan tandang pada musim ini.

Total, Manchester United melalui 21 pertandingan tandang Liga Inggris tanpa ternoda (13 menang dan 8 seri), termasuk 14 laga pada musim ini. Catatan ini jika diteruskan termasuk saat menyambangi Manchester City, membuat Red Devils di ambang rekor 27 laga tandang tanpa kalah milik Arsenal antara 2003 sampai 2004.

Manchester City vs Manchester United, Di Ambang Rekor atau Noda

Premierleague.com

Catatan itu menjadi modal berharga Bruno Fernandes dan kawan-kawan dalam upaya meredam kedigdayaan rival sekotanya di Stadion Etihad. Apalagi, Manchester City pun menyambut laga dengan modal tak kalah mentereng.

Anak asuh Pep Guardiola menyambut laga Manchester City vs Manchester United dengan catatan 21 kemenangan beruntun, mencetak 55 gol dan hanya kebobolan 8 kali. Terakhir kali The Cityzens gagal menang di semua kompetisi adalah ketika imbang 1-1 pada pekan ke-13 Liga Inggris melawan West Bromwich Albion (15/12/2020).

Sejak saat itu, Manchester City melesat tanpa hambatan dengan menyapu bersih kemenangan. Khusus di Liga Inggris, mereka pun telah melewati 15 laga dengan raihan kemenangan beruntun. Sebuah catatan yang tentunya membuat Manchester United was-was dalam kunjungan akhir pekan ini.

Manchester City tentunya bertekad melanjutkan tren positif itu. Pasalnya, ada rekor yang sudah di ambang mata. Anak asuh Pep Guardiola terpaut tiga pertandingan dari rekor kemenangan beruntun liga yang mereka torehkan sendiri pada 2017, dan disamai Liverpool musim lalu.

Getty Image

Manchester City tentunya tak mau Derbi Manchester menjadi noda dalam upaya memburu rekor itu. Apalagi, Manchester United dalam 6 kunjungan terakhir ke markas The Cityzens, bisa meraih 4 kemenangan dan sekali hasil imbang. Selain itu, tujuh dari 10 laga terakhir Manchester City vs Manchester United juga lebih memihak kepada tim tamu.

Jika bisa menang, Manchester United tak cuma memutus upaya sang rival memburu rekor. Red Devils pun bisa menambah keunggulan head to head atas Manchester City. Sejauh ini, Man United mencatat 58 kemenangan dari 151 Derbi Manchester dan hanya kalah 45 kali seria 48 imbang.

Derbi ManchesterLiga InggrisManchester CityManchester City vs Manchester UnitedManchester United