Manchester United Kenang Tragedi Munich di Belgrade

Football5star.com, Indonesia – Manchester United datang ke Partizan Belgrade mengusung misi ganda. Selain ingin memenangkan pertandingan, mereka juga ingin mengenang tragedi jatuhnya pesawat di Munich pada 1958 silam.

Beberapa jajaran klub seperti Ed Woodward dan mantan pemain semisal Bryan Robson dan Mickey Thomas tampak membawa karangan bunga ke tengah lapangan stadion FK Partizan.

“Anda bisa merasakan betapa emosionalnya. Ketika Anda sudah berada di klub selama yang kami punya, Anda mendapat sejarah itu dan Anda sudah bertemu banyak keluarga yang sudah kehilangan orang dalam tragedi Munich,” kata Bryan Robson seperti dilansir Daily Mail, Kamis (24/10/2019).

Daily Mail

“Saya bahkan pernah mendengar Bobby Charlton berbicara tentang pertandingan mereka di sini pada tahun 1958. Itu seharunya jadi laga yang hebat oleh tim dan Anda bisa merasakannya ketika datang ke stadion,” ia menambahkan.

Mereka secara simbolis mengenang tragedi maut itu sehari sebelum laga Partizan Belgrade vs Manchester United berlangsung. Selain pihak klub, prosesi ini juga dihadiri duta besar Inggris untuk Serbia, Sian Macleod.

Ireland Sown

Walau tragedi jatuhnya pesawat yang menewaskan 23 pemain United itu terjadi di Munich 61 tahun lalu, kota Belgrade tak bisa dilepaskan begitu saja dari peristiwa nahas ini.

Ketika itu, skuat Manchester United yang diarsiteki Sir Matt Busby baru saja menyelesaikan pertandingan melawan Red Star Belgrade. Mereka yang hendak pulang ke Inggris harus transit terlebih dulu di Munich untuk mengisi bahan bakar. Namun, cuaca buruk membuat pesawat gagal lepas landas hingga akhirnya menghujam aspal yang sudah tertutup salju.

Manchester UnitedPartizan BelgradeTragedi Munich