Manchester United: Mourinho Tuding Wasit Mark Clattenburg Melakukan Dua Kesalahan

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, geram dengan keputusan wasit Mark Clattenburg yang tidak memberikan dua hadiah penalti untuk timnya kala melawan Manchester City di Stadion Old Trafford, Sabtu (10/9).

Dia yakin betul seharusnya Clattenburg memberikan dua hadiah penalti untuk tuan rumah pada laga bertajuk Derby Manchester yang berakhir 2-1 untuk kemenangan tim tamu itu.

Penalti pertama, menurut Mourinho, adalah ketika kiper Man City, Claudio Bravo, melakukan tackle berbahaya kepada kapten Man United Wayne Rooney, di area penalti. Bahkan, Bravo dinilai layak mendapat kartu merah.

Sementara penalti kedua, lanjut Mourinho, adalah kala Nicolas Otamendi menyentuh bola dengan tangan di dalam area terlarang.

“Sejujurnya kami kecewa dengan hasil, tapi juga teramat menyesali dua keputusan Mark (Clattenburg). Itu seharusnya penalti dan kartu merah untuk Bravo,” sesal Mourinho kepada BBC seperti dilansir Soccerway.

“Jika Anda mengatakan itu bukan penalti dan kartu merah, saya jelaskan, di luar kotak penalti itu menjadi hukuman tendangan bebas dan kartu merah. Maka, di dalam kotak penalti seharusnya berlaku sama,” lanjut dia.

Keberanian Mourinho mengkritik wasit memang bukan hal baru. Dia terbiasa melakukannya di setiap tim yang pernah diasuhnya. Tak heran, wasit sekelas Clattenburg yang belum lama ini memimpin final Euro 2016 di Prancis, pun tak luput dari kritik Mourinho.

“Meski wasit terbaik pun bisa melakukan kesalahan. Dia sudah melakukan kesalahan besar yang pertama. Lalu yang kedua juga saya rasa penalti. Otamendi (handball) itu penalti. Anda bisa mengatakan dia tak sengaja. Namun saya rasa dia sengaja,” tutur pealtih asal Portugal itu.

“Terlepas dari lengannya berada di belakang tubuh, dia tahu bahwa umpan silang itu tak akan mengenai wajahnya, itu akan melewati belakangnya, sehingga dia menjatuhkan sikunya. Ini dua penalti yang seharusnya diberikan kepada kami,” pungkas dia.