Capello Anggap Scudetto Untuk Inter Sebagai Lelucon

Football5star.com, Indonesia – Mantan pelatih Juventus, Fabio Capello, mengungkit skandal calciopoli pada 2006 yang berujung pemberian gelar gratis untuk Inter Milan. Menurutnya, tindakan tersebut sangat tidak adil karena hanya menguntungkan satu pihak.

Pada saat bersamaan, beberapa klub seperti AC Milan dan Juventus mendapatkan hukuman tergolong berat. Bianconeri bahkan harus turun kasta ke Serie B karena menurut dakwaan, terbukti terlibat langsung dalam pengaturan skor tersebut.

Capello menganggap, seharusnya FIGC dan otoritas berwenang terkait bisa memberi alternative sanksi. Ia juga menuding, pada pengambil keputusan bersikap berat sebelah kepada beberapa tim terhukum.

Capello - Juventus - Inter Milan - Football5star
football-italia.net

“Menurutku, pemberian gelar untuk Inter adalah sebuah lelucon. Itu tidak seharusnya terjadi. Keputusan diambil secara tidak adil dan komisioner FIGC ketika itu,Guido Rossi, telah bertindak gegabah,” katanya seperti dikutip dari Football Italia.

Capello jelas merasa sakit hati. Pasalnya, saat itu ia berhasil membawa Si Nyonya Tua finis di peringkat tertinggi klasemen Serie A selama dua musim beruntun. Belakangan, dua gelar tersebut dicopot dan dihadiahkan kepada Inter Milan.

Bianconeri butuh beberapa tahun untuk kembali menyusun kekuatan. Meski langsung berhasil promosi pada musim berikutnya, tetap saja tim asal Turin tersebut tidak langsung kembali ke jalur juara.

Sempat terseok-seok di papan bawah dengan materi pemain seadanya, perlahan tapi pasti Juventus menjaga konsistensinya. Titik baliknya adalah ketika berhasil juara bersama Antonio Conte pada 2012.

Sejak saat itu, tim milik Dinasti Agnelli tersebut seperti tak punya lawan sepadan di kancah domestik. Mereka sukses menjadi juara selama tujuh musim terakhir yang merupakan rekor terbanyak di Serie A.

Comments
Loading...