Mantan Pelatih Milan Dan Juventus Besut Timnas Uni Emirat Arab

Football5star.com, Indonesia – Alberto Zaccheroni secara resmi ditunjuk menjadi pelatih tim nasional Uni Emirat Arab. Pria 64 tahun asal Italia ini menandatangani kontrak pada Senin (16/10/2017) waktu setempat.

Zaccheroni, yang merupakan mantan pelatih AC Milan dan Juventus, sudah menganggur hampir selama setahun sejak meninggalkan klub Beijing Guoan pada 20 Mei 2016. Uni Emirat Arab menaruh kepercayaan kepadanya untuk membawa negara tersebut berprestasi pada Piala Asia 2019.

“Federasi sepak bola Emirat sudah menunjuk pelatih Alberto Zaccheroni untuk memimpin tim nasional,” demikian pernyataan federasi negara tersebut melalui Twitter.

Zaccheroni menggantikan posisi Edgardo Bauza yang gagal mengantar Uni Emirat Arab meraih tiket putaran final Piala Dunia 2018. Nama terakhir ini meninggalkan kursi pelatih Uni Emirat Arab setelah menerima tawaran melatih timnas Arab Saudi.

Tak disebutkan secara detail durasi kontrak Zaccheroni tetapi diyakini Uni Emirat Arab akan menggunakan jasanya hingga tahun 2019, ketika negara ini menjadi tuan rumah Piala Asia. Diharapkan Zaccheroni bisa menularkan kesuksesannya ketika membawa Jepang meraih gelar tersebut pada tahun 2011.

Zaccheroni sudah malang-melintang sebagai manajer. Sejak mengawali karier tersebut pada Juli 1983 bersama klub Cesenatico (Italia), dia sempat menangani sejumlah klub kecil seperti Valleverde, San Lazzaro, Baracca, Venezia, Bologna dan Cosenza. Setelah itu, Zaccheroni mulai mendapat kepercayaan membesut tim elite mulai dari Udinese, Milan, Lazio, Inter Milan, Torino dan Juventus.

Pada Agustus 2010, Zaccheroni mengambil keputusan menjadi pelatih timnas Jepang, yang dibawanya meraih gelar Piala Asia 2011. Empat tahun di Jepang, dia menangani klub China, BJ Guoan, yang hanya diasuhnya dari Januari hingga Mei 2016.

Alberto ZaccheroniUni Emirat Arab