Mantan Pemain Timnas Inggris Protes Penggunaan VAR

Football5star.com, Indonesia – Penggunaan VAR di Liga Inggris disambut banyak pihak sebagai kemajuan. Namun, nyatanya tidak semua orang menerima kehadiran teknologi bantuan video tersebut. Salah satunya adalah mantan pemain timnas Inggris, Kevin Phillips.

Menurutnya, ada esensi yang hilang dari penggunaan VAR untuk pertandingan sepak bola. Salah satunya adalah drama yang kerap tersaji ketika ada keputusan kontroversial dari wasit. Phillips menilai saat itu, hal itu sudah hilang karena teknologi.

“Sebelumnya, seorang pemain akan melakukan selebrasi setelah mencetak gol. Tapi sekarang, mereka tidak bisa melakukan itu. Bisa jadi lima atau 10 menit berikutnya, gol tersebut dianulir karena beberapa hal,” katanya kepada SkySports.

Beberapa waktu lalu, Manchester City gagal menang atas Tottenham Hotspur. Gol Gabriel Jesus yang seharusnya jadi penentu kemenangan, harus dianulir wasit. Alasannya adalah sebelumnya bola sempat menyentuh tangan Aymeric Laporte.

“Aku berbicara dengan Nuno Espirito (manajer Wolverhampton) soal ini. Dia bilang pemain jadi takut untuk melakukan selebrasi. Mereka tetap harus berharap semoga itu menjadi gol setelahnya,” katanya melanjutkan.

Sedikti berbeda dengan pernyataan Phillips, Jamie Carragher justru mendukung penggunaan VAR musim ini. “Apa yang menimpa Gabriel Jesus merupakan contoh nyata dari pentingnya penggunaan teknologi seperti ini dalam sepak bola,” ucapnya.

Comments
Loading...