Mantan Striker Barcelona: Messi Sudah Tak Muda, Biarkan Ia Pergi

Football5star.com, Indonesia – Mantan winger Barcelona, Emmanuel Amunike meminta para fan untuk bisa merelakan jika seandainya Lionel Messi memutuskan hengkang dari Stadion Nou Camp. Menurut pemain asal Nigeria itu, Messi sudah banyak memberikan yang terbaik untuk Barca.

“Anda tidak tahu apa yang akan terjadi. Anda harus berterima kasih kepada Lionel Messi atas semua yang dia berikan untuk Barcelona. Tapi semuanya memiliki awal dan akhir. Dia sudah tak muda lagi,” kata Amunike seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Sabtu (16/1/2021).

“Tapi saya akan selalu mengingat apa yang telah dilakukan Messi untuk klub. Jika Messi pergi, Anda harus menghormatina dan berterima kasih atas apa yang Messi lakukan,” tambahnya.

Emmanuel Amunike bermain di Barcelona pada 1996 hingga 2000. Saat ia datang ke Barca tak lama kemudian, Ronald Koeman pindah ke Feyenoord. Menurut Amunike, Ronald Koeman merupakan pelatih yang tepat untuk Barca saat ini.

“Saya senang untuk capaian Koeman saat ini. Tidak mudah baginya melatih tim seperti Barcelona. Sekarang mereka berada di final Supercopa de Espana dan itu akan membuat tim lebih percaya diri,” ungkap Amunike.

Emmanuel Amunike memang tak setenar winger-winger Barcelona lainnya seperti Marc Overmars misalnya. Karier Amunike di Barca sendiri lebih banyak dihabiskan sebagai pemain cadangan. 4 musim di Nou Camp, Amunike hanya catatkan 19 laga dan mencetak 1 gol.

Catatan ini tentu merosot jauh dibanding saat ia bermain di Sporting Lisbon. Di klub Portugal itu, Amunike sempat dianggap salah satu pemain Nigeria terbaik. Ia mencatatkan 51 laga dan torehkan 17 gol di periode 1994 hingga 1996.

Gagal di Barcelona, Amunike pada 2000 memutuskan hijrah ke klub kecil Spanyol, Albacete dan pensiun di sana. Saat itu, ia menjadi pelatih untuk klub asal Mesir, Misr Lel Makkasa.

BarcelonaLiga SpanyolLionel Messi