Manuel Neuer Sudah Tentukan Kapan Akan Pensiun

Football5star.com, Indonesia – Kiper timnas Jerman, Manuel Neuer, menyatakan akan memutuskan pensiun apabila merasa sudah tidak lagi dibutuhkan. Baik di level internasional mau pun klub.

Meski sudah berusia 33 tahun, Manuel Neuer masih menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang timnas Jerman. Terutama dalam periode satu dekade terakhir.

Kepercayaan serupa juga didapatkannya ketika berkarier di level klub, Bayern Munich sejak 2011.

Akan tetapi, pemain lulusan akademi Schalke kerap diganggu masalah cedera dalam tiga musim terakhir. Bahkan, ia kehilangan sebagian besar musim 2017-18 karena mengalami patah kaki.

Twitter/@mytmu

“Saat Anda tidak lagi dibutuhkan dan merasakannya, sulit untuk bangkit dan memotivasi diri sendiri setiap hari. Ketika pengalaman Anda dibutuhkan dan rekan setim membutuhkannya, hal itu membuat Anda bersemangat,” kata Neuer seperti dikutip Football5star.com dari Goal.

“Saya masih merasa sangat dibutuhkan di timnas dan semua orang senang dengan keberadaan saya. Jelas, bahwa saya perlu menunjukkannya lewat penampilan,” katanya.

“Saya sudah 33 tahun, namun saat berada di lapangan saya merasa masih bisa meningkatkan kemampuan sebagai penjaga gawang. Sinyal-sinyal itu berarti sesuatu buat saya. Saya ingin bermain selama tubuh saya mampu melakukannya,” ucap Neuer.

Kendati demikian, Neuer juga tidak memungkiri terjadi perubahan karena faktor usia. Akan tetapi, ia tetap berusaha melakukan penyesuaian agar menjaga performanya tetap kompetitif.

Comments
Loading...