Manuel Pellegrini: Ronald Koeman Sudah Jahat kepada Luis Suarez

Football5Star.com, Indonesia – Di tengah gonjang-ganjing permohonan Lionel Messi untuk dilepas oleh Barcelona, sebuah kritik tajam diterima Ronald Koeman. Pelatih anyar El Barca itu dituding sudah berlaku jahat kepada Luis Suarez oleh pelatih senior asal Cile yang menangani Real Betis, Manuel Pellegrini.

Sudah bisa diduga, kritik Pellegrini itu terkait langkah Koeman “memecat” Luis Suarez lewat telepon. Hal itu dinilai sangat jahat karena tak menaruh respek sama sekali kepada pemain yang telah berjasa kepada Barcelona dan jadi pemain tersubur ketiga sepanjang sejarah klub.

Sebagai pelatih, memberi tahu seorang pemain tak lagi masuk rencana adalah hal biasa. Namun, menurut Pellegrini, hal itu harus dilakukan dengan penuh respek sehingga tidak menimbulkan sakit hati dan konflik.

eldesmarque.com

“Saya sudah berkali-kali harus melakukan hal itu dan sungguh menyakitkan. Namun, melakukan itu lewat sambungan telepon, menurut saya, menunjukkan pelatih tidak respek kepada pemain,” ujar Manuel Pellegrini kepada ESPN seperti dikutip Football5Star.com dari TyC Sports.

Langkah Ronald Koeman memang mengejutkan. Selain Pellegrini, tak sedikit orang yang mengkritik langkah tersebut. Apalagi, kabar yang beredar menyebutkan, pembicaraan eks pelatih timnas Belanda dengan Suarez bahkan tak sampai 3 menit.

Luis Suarez Tak Lagi Diinginkan Barcelona

“Secara pribadi, saya menilai itu tidaklah benar. Sebagai pelatih, Anda harus mampu meyakinkan dan bicara tatap muka dengan pemain bahwa dia tak lagi dibutuhkan,” ujar Pellegrini yang sempat menangani Real Madrid dan Manchester City.

larazon.pe

Pellegrini lantas mengatakan, Koeman seharusnya mengedepankan otoritas ketimbang kekuasaan. “Otoritas adalah kemampuan meyakinkan para pemain untuk mampu melakukan hal yang kita inginkan. Itu diraih dengan dialog dari hari ke hari, kerja keras, dan kemampuan menumbuhkan keyakinan pada momen-momen buruk,” urai dia lagi.

Luis Suarez termasuk dalam daftar pemain yang ingin didepak Barcelona. Presiden Josep Maria Bartomeu tak memasukkan nama striker asal Uruguay itu dalam daftar pemain yang tak tersentuh di Barcelona. Hal itu disampaikan setelah El Barca memastikan Ronald Koeman sebagai pelatih baru.

Hal itu, ditambah langkah Ronald Koeman memberi tahu lewat telepon, sungguh mengejutkan. Pasalnya, Luis Suarez dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Lionel Messi di dalam dan luar lapangan.

BarcelonaLaLigaLiga SpanyolLuis SuarezManuel PellegriniRonald Koeman