Marc Overmars Layak Jadi Direktur Olahraga pada Era Baru Barcelona

Football5star.com, Indonesia – Barcelona dalam waktu dekat akan segera memiliki presiden baru. Jika tidak ada aral melintang, Barcelona seharusnya sudah dipimpin presiden baru pada awal bulan depan.

Kepemimpinan baru Barca nantinya harus mengurai sejumlah, salah satunya soal siapa yang layak menduduki posisi direktur olahraga. Saat di kepimpinan Josep Maria Bartomeu, posisi ini diemban oleh Eric Abidal. Sayangnya di bawah Abidal, pos direktur olahraga dianggap sebagai salah satu masalah Bara di musim lalu.

Saat ini posisi direktur olahraga diisi oleh Ramon Planes. Jika merujuk pada rekam jejaknya, Planes memang cukup cocok mengemban tugas itu. Sebelum gabung ke Barca pada 2018, ia sudah menjadi direktur olahraga di sejumlah klub seperti Getafe dan Tottenham Hotspur.

Namun ada satu sosok yang dirasa cukup bisa menjadi direktur olahraga di era baru Barcelona yakni Marc Overmars. Kehilangan sosok hebat Txiki Begiristain yang ikut ke Manchester City bersama Pep Guardiola, sosok Overmars dirasa sangat layak mengemban tugas itu.

Dua kandidat kuat presiden Barcelona, Joan Laporta dan Victor Font harus bisa mempertimbangkan posisi Overmars sebagai direktur olahraga. Overmars bukan orang baru di Nou Camp.

Rekam jejak Overmars

Empat musim ia bermain untuk Barca. Meski selama empat musim di Nou Camp, ia sama sekali tak mempersembahkan gelar juara. Bisa dibilang Overmars datang di waktu yang tidak tepat. Barca pada periode tersebut di kondisi yang cukup buruk.

Setelah memutuskan pensiun dari Go Ahead Eagles, Overmars mulai menekuni pekerjaan di manajerial klub. Ia menjadi direktur olahraga yang cukup sukses di Ajax. Sejumlah pemain berbakat mampu ia datangkan ke Ajax dan menjelma menjadi bintang, seperti Frenkie de Jong, Dusan Tadic, Andre Onana, Hakim Ziyech hingga Nicolas Tagliafico

The Telegprah

Kemampuan Overmars sebagai direktur teknik Ajax tak hanya sebatas datangkan pemain berbakat. Ia juga memiliki peran besar hadirkan pelatih hebat seperti Peter Bosz dan Eric ten Haag. Mampu datangkan pemain berbakat mungkin hal mudah, namun menunjuk pelatih hebat tentu bukan pekerjaan mudah.

Selain itu yang jadi keunggulan Marc Overmars ialah kemampuannya dalam urusan mengelola sisi keuangan. Barcelona saat ini tengah diterpa krisis finansial, Overmars mungkin bisa jadi salah satu solusinya.

Selama di Ajax, Overmars lebih menekankan pada proyek pembinaan pemain muda yang harmonis dengan sisi pengelolaan keuangan. Rumor ketertarikan Barca untuk datangkan Overmars sebenarnya sudah berhembus sejak 2019.

AjaxBarcelonaLiga SpanyolMarc Overmars