Marc Roca, Pengagum Xabi Alonso yang Kini Gabung Bayern Munich

Football5Star.com, Indonesia – Satu pemain Spanyol pergi, satu pemain Spanyol lain datang. Setelah Thiago Alcantara hengkang ke Liverpool, Bayern Munich mendatangkan Marc Roca dari Espanyol. Manajemen Die Roten secara resmi mengumumkan perukrutan sang gelandang pada Minggu (4/10/2020).

Roca sepakat menandatangani kontrak hingga 2025. Di Bayern, dia akan memakai kostum nomor 22 yang sebelumnya jadi milik Serge Gnabry. Kabar yang beredar menyebutkan, Bayern Munich mengeluarkan dana 9 juta euro untuk mendapatkan gelandang berumur 23 tahun itu. Itu belum termasuk beberapa klausul yang mengharuskan Die Roten membayar pada masa mendatang.

Perekrutan Marc Roca oleh Bayern Munich memang seperti di bawah radar. Namun, itu tidaklah mengejutkan. Sang pemain bukanlah bidikan baru. Musim lalu, Die Roten sudah berusaha menggaet dia. Namun, negosiasi dengan Espanyol tak berujung kesepakatan.

Bagi Roca yang sejak umur 11 tahun membela Espanyol, kepindahan ini adalah tantangan dan petualangan baru. Namun, dia antusias karena bergabung dengan Bayern adalah sebuah peningkatan dalam kariernya.

“Aku sangat senang. Ini mimpi yang jadi kenyataan bagiku. Kupikir Bayern adalah klub terbaik dunia dan punya tradisi kuat. Aku sangat antusias mengenakan kostum klub hebat ini,” ujar Marc Roca seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Bayern.

Roca Ingin Seperti Xabi Alonso

Kedatangan pemain yang biasa bermain sebagai deep-lying midfielder itu cukup melegakan bagi Bayern Munich. Direktur Olahraga Hasan Salihamidzic yakin pemain timnas U-21 Spanyol saat juara Piala Eropa U-19 2019 dengan mengalahkan Jerman di final itu akan sangat berguna bagi pelatih Hansi Flick.

“Kami sangat senang dapat merekrut Marc Roca. Dia benar-benar cocok untuk tim kami, baik sebagai pemain maupun pribadi. Dia akan terus berkembang di sini bersama kami. Kami yakin dia akan jadi nilai tambah yang besar bagi tim,” ujar Salihamidzic.

Getty Images

Menilik posisi dan gaya mainnya, Roca akan jadi back up bagi Joshua Kimmich yang jadi andalan sebagai pivot sepeninggal Thiago Alcantara. Eks pemain Espanyol itu pun mengaku nyaman saat menguasai bola. Idolanya adalah gelandang Spanyol yang juga pernah membela Bayern, Xabi Alonso.

“Aku selalu menyukai Xabi Alonso. Dia mampu menyerang dan bertahan dengan sempurna. Dia selalu tahu apa yang dibutuhkan timnya setiap saat. Aku sellau mencoba untuk melakukan hal yang dia lakukan,” ucap Marc Roca dalam wawancara dengan El Mundo pada Juni 2019.

Setelah mendatangkan Marc Roca, Bayern Munich dikabarkan masih berusaha merampungkan transfer tiga pemain lagi. Mereka adalah bek kanan Bouna Sarr dari Olympique Marseille, winger Douglas Costa (Juventus), dan striker Eric Maxim Choupo-Moting yang bebas transfer setelah dilepas Paris Saint-Germain.

Bayern MunichBundesliga 1EspanyolLiga JermanMarc Roca