Marcelo Bielsa Disamakan dengan Kristus Sang Penebus

Football5Star.com, Indonesia – Euforia para fan dan masyarakat Leeds atas keberhasilan Leeds United promosi ke Premier League belum berhenti. Puja-puji bagi Marcelo Bielsa pun belum usai. Baru-baru ini, di salah satu sudut kota itu terpajang mural Bielsa yang diibaratkan sebagai Kristus Sang Penebus.

Di dinding besar sebuah toko serbaada di Leeds terpampang sebuah mural unik. Di sana terpampang gambar patung Kristus Sang Penebus dengan wajah Marcelo Bielsa dan lingkaran kuning berbingkai biru di dada sebelah kiri. Sebagai pelengkap, terdapat tulisan Marchando Juntos ‘berbaris bersama’ dan Dos Mil Veinte ‘2020’.

Mural besar yang didedikasikan untuk Bielsa dan Leeds United itu dibuat oleh Nicolas Dixon dan Andy McVeigh. Keduanya memang fan berat The Peacocks. Mereka diminta membuat mural di dinding besar itu oleh sang pemilik toko, Arron Lambert.

Andy McVeigh dan Nicolas Dixon berpose di depan mural Marcelo Bielsa buatan mereka.
yorkshirepost.co.uk

Bagi Dixon dan McVeigh, permintaan Lambert itu tak ubahnya realisasi rencana lama. “Kami sudah cukup lama berencana membuat mural legenda-legenda Leeds United. Namun, kami berdua selalu sibuk dan sepertinya belum cocok,” urai Dixon seperti dikutip Football5Star.com dari Yorkshire Post.

Dixon menambahkan, “Ketika 16 tahun kepahitan berakhir berkat sang penyelamat kami, Marcelo Bielsa, semuanya berubah. Begitu tahu (Leeds United) akan promosi, kami kembali melihat dinding itu dan berpikir inilah saatnya menggabungkan seni dan Leeds United.”

Landmark Baru Para Fan Leeds

Butuh waktu sepekan bagi Dixon dan Lambert untuk membuat mural Marcelo Bielsa dengan mengadaptasi patung Kristus Sang Penebus itu. Sepanjang waktu pengerjaan, dukungan terus mengalir. Banyak pengemudi truk yang sengaja berhenti sebentar atau menyalakan klakson untuk mereka.

Nicolas Dixon butuh waktu sepekan untuk menyelesaikan mural Marcelo Bielsa dengan bantuan Andy McVeigh.
yorkshirepost.co.uk

Bagi McVeigh, mural Bielsa menyerupai patung Kristus Sang Penebus adalah karya terbesarnya. Dia pun mengungapkan, sebenarnya ingin berhenti berkarya karena banyak muralnya yang jadi sasaran vandalisme orang-orang tak bertanggung jawab.

“Saya benar-benar senang dengan hasilnya,” ucap McVeigh. “Saya berharap ini akan jadi sebuah landmark bagi para fan Leeds dan mereka akan datang ke sini dan berfoto sebelum pertandingan. Ada begitu banyak cinta untuk Bielsa.”

Sebelum mural karya Dixon dan McVeigh, Marcelo Bielsa terlebih dahulu mendapat penghormatan dengan dijadikan nama jalan. Sebulan lalu, bayi penguin di Kebun Binatang Lotherton juga dinamai sosok asal Argentina itu.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More