Marco Reus Sebut Penyebab Kekalahan Dortmund dari Leverkusen

Football5Star.com, Indonesia – Borussia Dortmund menelan pil pahit dalam lanjutan Liga Jerman. Marco Reus cs. dipaksa menyerah 1-2 dalam lawatan ke markas Bayer Leverkusen, Rabu (20/1/2021) dini hari WIB. Hal itu membuat Die Schwarzgelben gagal menang dalam dua laga beruntun.

Dortmund sudah tertinggal dari Leverkusen saat laga berjalan 14 menit gara-gara gol Moussa Diaby. Sempat menyamakan kedudukan berkat gol Julian Brandt pada menit ke-67, Reus dkk. akhirnya menyerah 1-2 setelah Florian Wirtz menjebol gawang Roman Buerki pada menit ke-80.

Menurut Reus, kekalahan itu tak terlepas dari gaya main Dortmund yang memberi banyak ruang kepada lawan. Hal itu, kata dia, dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Leverkusen.

Getty Images

“Itu pertarungan yang sangat terbuka. Kami memberi Leverkusen begitu banyak ruang bebas yang membuat mereka leluasa melakukan banyak serangan balik dan membuat kami harus sprint 40 hingga 50 meter ke belakang,” urai Marco Reus seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi Dortmund.

Secara khusus, Reus membahas gol kedua Leverkusen yang dibuat Wirtz. Dalam pandangannya, itu mencerminkan kesulitan besar Dortmund dalam menghalau serangan balik lawan. “Kami tak dalam posisi bagus dan tak menroteksi diri sehingga akhirnya kalah 1-2,” kata dia.

Reus Sesalkan Penyelesaian Akhir

Getty Images

Meskipun demikian, kecerdikan Leverkusen dalam memanfaatkan ruang yang diberikan Dortmund bukan satu-saunya faktor penentu hasil akhir di BayArena tersebut. Marco Reus menilai Die Schwarzgelben juga punya kelemahan lain, yakni dalam pemanfaatan peluang. Penyelesaian akhir mereka buruk.

“Setelah kedudukan 1-1, pintu terbuka tapi kami tak mau masuk. Itu masalahnya. Kami seharusnya mampu unggul, tapi tak mampu melakukannya,” ujar Reus. “Kekalahan ini sungguh pahit mengingat permainan yang ditunjukkan dan peluang-peluang yang telah kami dapatkan.”

Dalam konteks lebih besar, Marco Reus menyadari kekalahan dari Leverkusen, klub yang juga berada di 4-besar Liga Jerman saat ini, adalah kerugian besar. “Ini malam mengecewakan bagi kami. Setelah imbang 1-1 dengan Mainz pad Sabtu lalu, kami ingin mengalahkan pesaing langsung. Namun, kami tak mampu mewujudkan hal itu,” ucap dia dengan penuh penyesalan.

Bayer LeverkusenBorussia DortmundBundesligaLiga JermanMarco Reus