Mark Halsey Lega Premier League akan Pakai VAR Musim Depan

Football5star.com, Indonesia – Premier League akhirnya akan menggunakan VAR untuk kompetisi musim depan. Keputusan ini pun disambut semringah oleh berbagai pihak, termasuk mantan wasit Liga Inggris, Mark Halsey.

Kepastian digunakan VAR di Premier League pada musim depan ini tak lepas dari banyaknya keputusan wasit yang masih dianggap kontroversial yang terjadi di Kompetisi terbaik dunia tersebut. Salah satu yang mencuri perhatian adalah saat sang pengadil menganulir gol pemain Southampton Charlie Austin yang dianggap offside.

Padahal jika dilihat dari tayangan ulang, Austin jelas-jelas berada dalam posisi onside. Maka, demi meminimalisir kesalahan elementer wasit, otoritas liga pun memutuskan memakai VAR musim depan.

Barcelona dan Sevilla sepakai VAR dipakai di Piala Super Spanyol (football5star.com / besoccer.com)
besoccer.com

“Saya rasa ini sesuatu yang bagus. Saya tahu banyak orang yang akan melawan keputusan ini tapi kita harus menyemangati keputusan ini sekarang dan terus bergerak maju. Kita bisa melihat musim ini banyak insiden yang salah,” kata Halsey kepada BBC, Jumat (16/11/2018).

“Terutama pekan ini ketika ada satu gol yang dianulir, padahal mereka tidak seharusnya membuat keputusan itu. Saya pikir kami sudah berlatih lama dan kita punya personel yang tepat, jadi ini keputusan yang sangat penting untuk saya,” ia menambahkan.

Halsey pun berharap dengan adanya VAR para pengadil di Liga Inggris bisa memimpin laga dengan seadil-adilnya. Walau begitu ia menegaskan bahwa keputusan utama tetap ada di tangan wasit di lapangan.

“Wasit akan tetap menjadi kunci dalam setiap mengambil keputusan di lapangan. Tapi kini mereka bisa lebih bijaksana menentukan sikap di lapangan dengan adanya VAR di belakang mereka,” tutupnya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More