Martinez Jadi Satu-satunya Pelatih Asing di Semifinal

Football5star.com, Indonesia – Sosok pelatih Belgia, Roberto Martinez, menjadi sorotan setelah berhasil membawa Kevin De Bruyne dkk melaju ke semifinal Piala Dunia 2018. Kesuksesannya ini menjadikannya sebagai satu-satunya pelatih asing yang berada di empat besar.

Seperti yang diketahui, Martinez berkewarganegaraan Spanyol, bukan Belgia. Fakta ini terbilang menarik karena tiga kontestan lain dilatih oleh juru taktik asal negaranya sendiri.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, merupakan legenda hidup Les Blues. Begitu pula dengan Inggris dan Kroasia yang dibesut oleh Gareth Southgate dan Zlatko Dalic, yang juga pernah membela negaranya masing-masing ketika masih menjadi pemain.

Roberton Martinez - Belgia
zimbio.com

Piala Dunia kali ini juga menjadi ajang spesial bagi Martinez. Pasalnya, ini pertama kalinya ia melatih sebuah negara. Sebelumnya, pria 44 tahun itu selalu melatih klub.

Tak ayal, keberhasilannya membawa Belgia berprestasi di Piala Dunia bisa membuatnya sejajar dengan pelatih top lain di Eropa. Apalagi ia juga tercatat sebagai satu-satunya pelatih asal Spanyol yang membawa negara lain hingga semifinal.

Park Ji Sung dan Guus Hiddink (koreatimes.com)
koreatimes.com

Akan tetapi, ambisi Martinez untuk membuat sejarah bersama Belgia terhalang sejarah. Selama Piala Dunia, hanya ada tiga pelatih asing yang membawa timnya menembus babak final. Tapi dalam 40 tahun terakhir, laju pelatih asing bersama timnya hanya mencapai semifinal saja.

Pada 2002, Guus Hiddink berhasil menyulap Korea Selatan sebagai kekuatan baru sepak bola dunia. Tim Ginseng ia bawa hingga semifinal sebelum dikalahkan Jerman 0-1. Empat tahun berselang giliran Luis Felipe Scolari yang gagal membawa negara orang, Portugal, ke final setelah kalah dari Prancis di empat besar.

Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...