Martinez Sanjung Penampilan Howard

Tim Howard berhasil mencatatkan clean sheet pada laga ke-350 nya di Premier League selama berkarier bersama Everton ketika bermain imbang 0-0 melawan Manchester City, Kamis (14/1). Ia pun mendapatkan pujian dari manajer Roberto Martinez.

Dalam laga lanjutan Premier League yang digelar di Etihad Stadium tersebut, lini belakang Everton mampu tampil solid. Namun, performa Howard mendapatkan sorotan tersendiri. Pemain asal Amerika Serikat tersebut mampu berkali-kali menahan gempuran barisan penyerang Man. City.

Seusai pertandingan, Martinez mengatakan bahwa penampilan Howard adalah hasil kerja keras sang kiper dalam sesi latihan.

“Anda harus bersandar pada karakter dan Tim Howard adalah contoh dari hal tersebut. Anda memiliki momen yang baik dan yang buruk atas penampilan dan selalu ada pandangan yang ekstrem terhadap seorang kiper, entah ketika anda bermain baik atau melakukan beberapa kesalahan,” terang Martinez seperti yang dikutip oleh situs resmi klub.

“Cara Tim mempersiapkan pertandingan, berlatih sehari-hari, menghadapi kesulitan, dan mengambil tanggung jawab adalah alasan mengapa sebagai manajer anda akan percaya penuh kepadanya.”

“Ia memiliki pengaruh yang luar biasa kepada para pemain muda dan anda tidak akan pernah melihat ia menyalahkan orang lain. Ia menjalani tanggung jawabnya. Laga ke-350 yang ia catatkan bukanlah sebuah kebetulan,” tambah dirinya.

Sebagai informasi tambahan, Howard diboyong oleh Everton dari Manchester United pada tahun 2007 dengan nilai transfer sekitar tiga juta Poundsterling.