Masih Hebatkah Barcelona Jika Messi Pensiun Nanti?

Football5star.com, Indonesia – Kedigdayaan Barcelona selama ini tak bisa dilepaskan dari sosok Lionel Messi. Selama lebih dari dua dekade terakhir sang bintang jadi simbol kesuksesan Barcelona menaklukkan sepak bola dunia.

Kemenangan, bahkan juga kekalahan Barcelona tak jarang berada di tangan Lionel Messi. Ia kerap menjadi penentu tiga poin klub berjuluk Azulgrana selama bertahun-tahun, dan tak jarang pula jika klub menderita kekalahan itu karena absennya sang mega bintang.

Sebagaimana pesepak bola pada umumnya, Messi tentu punya waktu yang terbatas. Dengan usianya kini yang sudah menginjak 32 tahun, dirinya hanya memiliki waktu paling tidak lima tahun lagi untuk terus berada di level tertinggi.

@FCBarcelona

Dan tentu saja pensiun menjadi keputusan yang mau tidak mau harus diambil di kemudian hari. Pertanyaan besar pun muncul saat keputusan tersebut benar-benar datang, masih hebatkah Barcelona tanpa pemain berjuluk La Pulga?

Gantung sepatunya Messi di kemudian hari tentu sudah dipertimbangkan secara matang oleh manajemen klub. Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, menegaskan bahwa jajarannya sudah mempersiapkan masa depan tim ketika ditinggal La Pulga.

“Saya tahu suatu hari nanti Lionel akan mengatakan pensiun dari sepak bola. Tapi kami sudah mempersiapkan klub ini untuk masa depan. Kami mendatangkan pemain muda bertalenta untuk tim ini karena kami ingin terus melanjutkan era kesuksesan ini,” kata Bartomeu kepada BBC, Kamis (7/2/2019).

“Itu menjadi tanggung jawab kami selama ini. Mandat saya di sini akan selesai dua tahun lagi, jadi saya harus meninggalkan klub dalam posisi yang bagus dan memberi tahu presiden baru nanti bahwa ini warisan kami,” tegasnya.

Musim ini saja Barcelona beberapa kali menuai hasil tidak maksimal ketika pemain asal Argentina itu absen. Salah satunya tentu saja kekalahan 0-2 dari Sevilla di leg pertama perempat final Copa del Rey. Namun, mereka mampu menang besar 5-1 di leg kedua saat Messi dimainkan.

Comments
Loading...