Apa Kabar Wanderley Santos, Bomber Brasil yang Palsukan Paspor Indonesia?

Football5star.com, Indonesia – Masih ingat dengan Wanderley Santos Monteiro Junior? Bomber Brasil itu sempat menghebohkan Asia, bahkan dunia, akibat ketahuan memalsukan paspor Indonesia pada 2016 silam.

Wanderley Santos memang sempat berkibar di sepak bola Asia. Pemain kelahiran Campinas, Brasil, pada 11 Oktober 1988 itu malang-melintang di beberapa klub Asia seperti Al Arabi (Qatar), Al Sharjah (Uni Emirat Arab), dan Al Nasr (Uni Emirat Arab) selama 7 tahun.

Namun, karier sepak bolanya di kawasan Asia mendapat sandungan saat membela klub Uni Emirat Arab (UEA), Al Nasr. Bermula ketika dia dinobatkan sebagai Player of The Week pada kompetisi Liga Champions Asia pada 2016. Dalam data yang tertera di situs AFC dan web resmi otoritas sepak bola UEA, Wanderley Santos berstatus warga negara Indonesia.

Sontak itu memicu polemik, khususnya di kalangan warganet Indonesia. Apalagi, di sepak bola Indonesia pun tengah marak isu naturalisasi pemain asing hingga keturunan. Akan tetapi, nama Wanderley Santos justru tak pernah terdengar di kalangan pencinta sepak bola Indonesia.

Sementara, peraturan di Indonesia pun sudah cukup jelas. Orang asing yang bisa memperoleh status WNI disyaratkan sudah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.

Indonesia pun tidak mengenal status warga negara ganda. Artinya, setiap orang yang ingin memiliki paspor Indonesia, harus menanggalkan status kewarganegaraan sebelumnya. Termasuk orang asing yang memiliki darah Indonesia dari orang tua mereka.

Diusut Ditjen Imigrasi, Dihukum AFC

Kabar dari Wanderley Santos Monteiro Junior, Bomber Brasil yang Pernah Palsukan Paspor Indonesia - Instagram
Instagram

Pada akhirnya, polemik paspor Indonesia milik Wanderley Santos pun melebar hingga membuat Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia ikut mengusutnya. Setelah ditelusuri, ternyata nama Wanderley Santos Monteiro Júnior tak pernah terdaftar sebagai warga negara Indonesia.

Disimpulkan bahwa pemain yang pernah bersaing dengan Ronaldinho saat membela Flamengo itu telah memalsukan paspor Indonesia untuk bisa membela Al Nasr. Kebetulan, aturan di kompetisi sepak bola UEA memang hanya memperbolehkan satu klub mengontrak 3 pemain asing non-Asia dan 1 dari Asia.

Sebelum Wanderley Santos datang, Al Nasr sudah lebih dahulu memiliki tiga pemain asing non-Asia: Kempo Ikuko (Prancis), Jonathan Pitroipa (Burkina Faso) dan Abdelaziz Barrada (Prancis-Maroko). Karenanya, Wanderley Santos tak mungkin bergabung jika menggunakan pasor Brasil-nya.

Berdasarkan hasil penelusuran Ditjen Imigrasi, status paspor palsu Wanderley Santos akhirnya dilaporkan kepada AFC selaku otoritas tertinggi sepak bola Asia. Alhasil, AFC menghukum Wanderley Santos berupa larangan beraktvitas di sepak bola Asia selama 3 bulan, serta denda 10.000 dolar AS.

Kabar Wanderley Santos Setelah Jalani Hukuman

Kabar dari Wanderley Santos Monteiro Junior, Bomber Brasil yang Pernah Palsukan Paspor Indonesia - Press Release
Press Release

Setelah menjalani hukuman selama 3 bulan dan tambahan skorsing 10 pertandingan, Wanderley Santos akhirnya bisa kembali membela Al Nasr pada 11 Maret 2017 dengan paspor Brasil. Kariernya yang sempat menanjak lagi, mendadak turun drastis akibat cedera serius yang mendera pada musim 2017-2018.

Meski sempat comeback pascacedera pada Desember 2017, Wanderley Santos akhirnya dilepas Al Nasr pada 14 Maret 2018. Sejak saat itu, Wanderley Santos tak memiliki klub dan sering berkutat dengan cedera lutut kambuhan.

Namun, peruntungannya membaik pada awal 2019. Klub Brasil, Coritiba, mengontrak pemain berumur 30 tahun tersebut pada 24 Januari 2019. Sialnya, Wanderley Santos gagal memperbaiki kariernya. Dia baru melakoni debut pada 18 Maret dan cuma mencetak 1 gol pada laga derbi melawan Londrina.

Dalam laga tersebut, Wanderley Santos pun kembali mengalami cedera yang mengharuskannya absen pada sisa musim. Meski begitu, Coritiba masih memberi kesempatan dengan memeprbarui kontraknya untuk Campeonato Brasileiro Serie B musim 2019. Sedianya, kontraknya berakhir pada 30 April 2019.

Dok. Coritiba

Pada 10 Juni 2019, Wanderley Santos kembali dari cedera dan bermain sebagai pengganti pada 1 menit terakhir melawan Criciúma EC. Selepas itu, dia tak lagi mendapat kepercayaan dan lebih banyak duduk di bangku cadangan dalam 6 laga terakhir Coritiba hingga kini.

Comments
Loading...