Nemanja Matic Jelaskan Alasan Tak Pakai Badge Poppy

Football5star.com, Indonesia – Pemandangan berbeda tampak di jelang laga Bournemouth vs Manchester United akhir pekan lalu. Dari 11 pemain Setan Merah, ada satu pemain yang tak memakai simbol poppy di seragam tempurnya. Ia adalah gelandang bertahan asal Serbia, Nemanja Matic. Dan selepas laga, eks pemain Chelsea ini jelaskan alasannya tak memakai badge poppy tersebut.

Matic Serbia Poppy
Foto: zimbio.com

“Saya memahami sepenuhnya alasan pemain memakai poppies. Saya sangat menghormati hak orang lain melakukan itu dan saya juga bersimpati untuk mereka yang kehilangan saudaranya karena konflik. Namun, bagi saya, poppy sendiri seakan mengingatkan kepada masa kecil saya yang pelik. Saya mengalami sendiri pengeboman di Vrelo, kampung halaman saya. Saya ingat bagaimana takutnya saya sebagai bocah 12 tahun kala itu ketika Serbia dibom pada 1999.

Berangkat dari hal itu, saya tidak merasa dibenarkan oleh diri saya sendiri untuk memakai poppy di jersey. Saya tidak mau meremehkan poppy sebagai bagian dari kebanggaan orang Britania atau sebagai upaya meremehkan orang lain. Ini murni keputusan personal yang datang dari diri saya sendiri. Saya harap alasan saya bisa dipahami dan saya ingin konsentrasi lagi membantu tim di laga mendatang,” tulis eks gelandang Benfica itu di caption Instagram-nya.

Memakai poppies sendiri dimaknai orang-orang Inggris untuk mengingat akhir dari Perang Dunia I yang memakan banyak korban jiwa. Publik Inggris sendiri memperingati hal tersebut dengan apa yang disebut sebagai Remembrance Day pada setiap tanggal 11 November. Itu pula alasan kenapa pemakaian dan logo poppy ada di akun resmi klub-klub Inggris dan dipakai di seragam mereka.

Namun bagi Matic, ia punya memori buruk merasakan pengeboman ketika pasukan NATO mengebom kampungnya untuk mengusir Serbia dari wilayah Kosovo, yang kini sudah merdeka sebagai negara sendiri.

Comments
Loading...