Mau Gabung Garuda Select dan Main di Eropa? Ini Tahapannya

Football5star.com, Indonesia – Program Garuda Select sudah berjalan lebih dari setahun. Sudah banyak gebrakan yang dilakukan tim bentukan PSSI ini. Salah satunya adalah mencetak talenta-talenta muda yang siap berkarier di Eropa.

Walau demikian, bagaimana sebenarnya cara seorang pemain bisa menjadi bagian dari Garuda Select? Tidak semua pemain beruntung dan bisa mengenyam pendidikan di tim asuhan Des Walker itu.

Ada berbagai tahapan yang menjadi acuan tim pelatih untuk memilih pemain yang diinginkan. Seperti dikutip Football5star dari Mola TV, ada beberapa tahapan yang harus dilalui para pemain.

garuda select-des walker
Mola TV

Yang pertama tentu saja mereka harus mengikuti seleksi di Indonesia. Nantinya tim pelatih akan memilih 24 pemain setiap tahunnya untuk berlatih di Eropa. Selama pemusatan latihan, mereka akan menjalankan proses pengamatan potensi perkembangan.

Tahun selanjutnya para pemain yang dianggap berpotensi berkembang lebih lanjut akan diundang untuk mengikuti pelatihan tahap kedua. Pelatihan tahap kedua merupakan pematangan persiapan untuk bermain di klub Eropa.

Jika dua tahap tersebut telah dilalui, mereka yang dianggap berpotensi akan dititipkan ke salah satu klub untuk belajar beradaptasi di lingkungan klub profesional. Selama menjalani proses ini para pemain tetap berada dalam pantauan Direktur Teknik, Dennis Wise.

Setelah itu, pemain yang dianggap layak bermain di Eropa akan dipinjamkan ke salah satu klub di sana untuk mengikuti kompetisi, di mana mereka diharapkan bisa bersaing dengan pemain lain. Namun, karena masih dalam pantauan Dennis Wise, semua kemungkinan masih bisa terjadi, seperti pindah ke tim lain.

Tahap terakhir menjadi pintu utama para pemain untuk menetap dan berkarier secara mandiri di Benua Biru. Jika mereka sudah melalui semua tahap di atas, mereka baru akan benar-benar dilepas untuk berjuang sendiri di klub profesional Eropa.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More