Maurizio Sarri Catat Rekor Kandang Terbaik Sebagai Pelatih Juventus

Football5Star.com, Indonesia – Kemenangan Juventus atas AS Roma pada perempat final Coppa Italia, Kamis (23/1/2020) dini hari WIB, punya makna khusus bagi Maurizio Sarri. Kemenangan pada laga itu membuat dia mematahkan rekor yang telah bertahan selama hampir enam dekade.

Kemenangan atas AS Roma pada perempat final Coppa Italia merupakan yang ke-14 bagi Maurizio Sarri di Stadion Allianz. Dalam 15 pertandingan kandang awal sebagai pelatih Juventus, dia hanya sekali gagal menghadirkan kemenangan.

Satu-satunya anomali adalah pada pekan ke-14 Serie A, 1 Desember 2019. Kala itu, tim asuhan Sarri ditahan 2-2 oleh Sassuolo. Mereka nyaris kalah andai tak ada penalti yang didapatkan Paulo Dybala dan dieksekusi sempurna oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-68.

Hasil 15 laga kandang awal Sarri sebagai pelatih Juventus itu lebih baik dari Carlo Parola. Pada musim 1959-60, dia hanya membukukan 14 kemenangan dan 1 kekalahan. Satu-satunya kekalahan diderita dari Atalanta oleh gol tunggal Giovanni Zavaglio.

Sarri Ungguli Allegri

Catatan laga kandang yang apik itu jadi pembeda Maurizio Sarri dari pelatih Juventus sebelumnya, Massimiliano Allegri. Meskipun mampu menghadirkan lima gelar juara Serie A, eks pelatih AC Milan itu hanya mampu menghadirkan 12 kemenangan tiga kali imbang dalam 15 laga kandang awalnya.

Meskipun demikian, Sarri masih punya pekerjaan rumah. Untuk benar-benar lebih baik dari Massimiliano Allegri, dia butuh tiga kemenangan kandang lagi. Pasalnya, Allegri baru merasakan kekalahan kandang pada kesempatan ke-18.

Akan sangat menarik menantikan kiprah Maurizio Sarri dalam upaya mewujudkan hal tersebut. Pasalnya, laga kandang ke-18 dirinya bersama Juventus adalah menghadapi Inter Milan pada 1 Maret mendatang. Mengingat kekuatan I Nerazzurri saat ini, kemenangan bukan hal mudah bagi I Bianconeri.

Comments are closed.