Media Asing Dorong Ryuji Utomo Berkarier di Australia

Football5Star.com, Indonesia – Media Asing, The World Game, baru-baru ini memasukkan nama Ryuji Utomo sebagai pemain yang pantas berkarier di Australia. Ryuji disebut mereka memiliki pengalaman dan kemampuan yang bisa bersaing di A-League.

Dalam beritanya, media tersebut menggambarkan kalau sepak bola Australia tengah dilanda krisis keuangan akibat pandemi COVID-19. Hal itu memaksa banyak pemain bintang, seperti Joel Chianese, Garry Hopper angkat kaki dari A-League.

Sama seperti Indonesia, klub-klub di Australia melakukan penyesuaian gaji di tengah pandemi. Dari gaji yang dirata-rata 3,2 juta dolar, menjadi hanya 2,1 juta dolar musim depan.

Nah sebagai alternatif, klub-klub Australia disarankan merekrut beberapa pemain dari Asia. Nama Ryuji Utomo sendiri masuk ke dalam daftar. The Wolrd Games menyebut kalau bek berusia 25 tahun itu punya pengalaman yang bagus.

Ryuji Utomo pernah main di Al-Najma hingga klub Thailand, PTT Rayong. Kondisi fisik dan pengalamannya itu bisa saja membuat klub-klub Australia merekrut Ryuji. Nama Ryuji Utomo sendiri dimasukkan The World Game ke dalam pemain yang bisa direkrut Western Sydney usai ditinggal Matt Jurman.

Selain Ryuji, ada pula Hussein Monzer (Lebanon), Chan Vathanaka (Kamboja), Luong Xuan Truong (Vietnam), dan Aung Thu (Myanmar) yang jua disarankan untuk hijrah ke Australia.

Transfermarkt mencatat, Ryuji terikat kontrak dengan Persija sampai 31 Desember 2021. Dia tercatat total telah mengoleksi 45 penampilan bersama Macan Kemayoran dengan mencetak lima gol.

Persija JakartaRyuji Utomo