Media Prancis Soroti Pemain Indonesia yang Berjualan Kue Demi Sambung Hidup

Football5star.com, Indonesia – Salah satu media Prancis menyoroti laporan dari Asosiasi pesepak bola internasional (FIFPro) terkait kondisi pemain Indonesia yang mendapat potongan gaji akibat pandemi corona.

“Di Indonesia, pemain terpaksa harus menjual makanan di jalan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup,” tulis media Prancis, SO Foot, Rabu (10/6/2020).

View this post on Instagram

A post shared by Miftahul Hamdi (@miftahulhamdi17) on

“Di Indonesia, situasinya rumit bagi banyak pemain profesional yang gajinya telah dikurangi hingga 75 persen oleh PSSi untuk mengatasi krisis akibat pandemi corona,” tambah media Prancis tersebut.

“Situasi ini bahkan lebih mengkhawatirkan bagi pemain di divisi dua yang gajinya sudah di bawah upah minimim sebelum pemotongan ini terjadi,”

Pemain yang dimaksud oleh SO Foot tersebut ialah pemain Persiraja, Miftahul Hamdi. Pemain kelahiran Sigli, Aceh tersebut sebelumnya sempat diwawancarai oleh FIFPro.

Dalam wawancara tersebut, pemain yang sempat masuk ke skuat U-19 tersebut mengatakan bahwa saat ini dirinya dan sang istri berjualan kue untuk menyambung hidup. Selain Miftahul Hamdi, FIFPro juga mewawancarai Ugik Sugiyanto, Striker PSCS Cilacap.

“Gaji rutin saya sudah cukup untuk hidup, tapi sekarang sudah berkurang menjadi 25 persen. Namun saya baru menerima 10 persen saja. Negosiasi sedang berlangsung dengan PSSI terkait ini,” kata Sugiyanto kepada FIFPro.

Beberapa waktu lalu, pihak PSSI lewat Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menjawab kritik FIFPro soal kebijakan pemotongan gaji di Indonesia. Ia minta semua pihak untuk memahami kondisi.

Iriawan bereaksi dan menyebut bahwa pandemi virus corona sudah banyak menimbulkan kerugian. Termasuk juga sepakbola Indonesia yang kini tengah dihentikan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More