Melempem Di Barcelona, Sanchez “Meledak” Bersama Arsenal

Pelatih timnas Cile, Jorge Sampaoli membandingkan performa Alexis Sanchez saat memperkuat Barcelona dan Arsenal. Dibanding saat memperkuat Barcelona, Sanchez dinilai tampil lebih maksimal bersama The Gunners.

Barcelona merogoh kocek senilai 26 juta euro untuk memboyong Sanchez dari Udinese pada Juli 2011 lalu. Winger asal Cile tersebut akhirnya memutuskan hengkang dari Camp Nou usai tiga musim memperkuat Blaugrana.

Selama memperkuat Barcelona, Sanchez kerap kesulitan mendapat jatah bermain reguler, baik saat dilatih mendiang Tito Vilanova mau pun Gerardo Martino. Dia kalah pamor dari Lionel Messi, Pedro Rodriguez dan sejumlah pilar lini depan Barcelona lainnya.

Pada musim panas 2014 lalu, Sanchez mengambil keputusan hengkang ke Arsenal. Langkah itu terbukti jitu lantaran Sanchez mampu menjadi andalan lini depan klub besutan Arsene Wenger.

“Kami bicara kepada Tito (Vilanova) dan (Gerardo) Martino yang lebih memengaruhi dia mengenai gaya bermainnya,” beber Sampaoli, seperti dikutip dari AS.

“Namun, saya tahu bahwa sulit bagi dia berada dalam sistem (Barcelona) karena dia tipikal pemain yang membutuhkan rasa nyaman dan merasa dibutuhkan tim. Dengan begitu banyak pemain bintang di sana, itu sulit,” sambungnya.

“Dia meledak bersama Arsenal dan menjadi pemain yang menentukan, bintang tim dan berkontribusi lebih ketimbang saat di Barcelona. Beradaptasi dengan gaya bermain dan dengan banyaknya pemain hebat di sana merupakan hal yang sulit,” tandas Sampaoli.

Alexis SanchezArsenalBarcelonaJorge Sampaoli