Membayangkan Fanatisme Suporter Indonesia di Piala Dunia

Football5star.com, Indonesia – Pertandingan akbar Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Karno menjadi aroma baru dalam kancah sepak bola Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang membayangkan betapa heroiknya suporter kita ketika timnas tampil di Piala Dunia di masa depan.

Memang bukan cerita baru jika Indonesia memiliki fanatisme luar biasa di sepak bola. Salah satu media kenamaan asal Inggris, Copa 90 bahkan sempat membuat liputan khusus terkait fanatisme luar biasa yang ditunjukkan suporter PSS Sleman, Brigata Curva Sud.

Sedangkan beberapa bulan lalu, media asal Australia, ABC, membuat liputan khusus untuk melihat bagaimana totalitas pendukung Persija Jakarta, Jakmania, dalam mendukung tim kesayangannya. David Lipson, selaku reporter yang melakukan peliputan langsung juga turut larut dalam euforia.

Melihat dari dua kelompok suporter ini saja kita sudah dibuat bangga dengan dukungan-dukungan tiada henti mereka di tribun. Baik kalah atau menang, teriakan dukungan tidak pernah berhenti keluar dari mulut suporter yang hadir di stadion.

Yang lebih hebat dari suporter berbasis klub di Indonesia, mereka tidak pernah kekurangan semangat saat tim nasional yang bertanding. Hal ini tentu agak berbeda dengan beberapa fan di Eropa yang lebih militan dalam mendukung klubnya ketimbang negara.

Suporter di Indonesia bisa dikatakan lebih dari yang dilakukan suporter di Eropa. Mereka tidak pernah kekurangan antusiasme maupun loyalitas ketika harus mendukung Tim Garuda bertanding. Hal ini pun sudah teruji ketika pecinta sepak bola tanah air tidak tetap memberikan dukungan 100 persen untuk tim kelompok umur.

Egy Maulana - Ezra Walian - timnas Indonesia U-22 - Detik
detik.com

Ya, loyalitasi suporter Indonesia tidak hanya berlaku untuk tim senior saja, melainkan juga untuk tim juniornya seperti U-23, U-19, bahkan U-16. Melihat fanatisme luar biasa ini, tentu timnas tidak kekurangan modal dalam hal dukungan dari tribun.

Bukan tidak mungkin pula jika pada nantinya timnas Indonesia tampil di Piala Dunia, kita bisa menghadirkan sesuatu yang berbeda yang tak pernah dihadirkan para kontestan lain selama ini.

Lagi pula, jika di tingkat klub ada Jakmania, Viking, Bonek Mania, Aremania, atau pun suporter dari klub lain, timnas Indonesia juga mempunyai dua basis pendukung yang besar dalam diri La Grande Indonesia dan Ultras Garuda.

Lebih menarik lagi bahwa dua basis tersebut berisikan suporter yang berasal dari fanbase klub di seluruh Indonesia. Dengan kata lain, apa pun warna yang mereka bela di tingkat klub, mereka secara otomatis kembali menjadi merah-putih untuk mendukung tanah air tercinta, apalagi di pentas Piala Dunia. Semoga saja.

Comments
Loading...