Menangkan Gugatan, Manchester City Bisa Tampil di Liga Champions

Football5star.com, Indonesia – Manchester City akhirnya bisa bernafas lega. Gugatan mereka terhadap UEFA terkait larangan bertanding di Liga Champions selama dua musim dikabulkan Badan Arbitrase Olahraga (CAS).

Dengan kata lain, Manchester City bisa tampil di Liga Champions musim depan. CAS mengabulkan gugatan The Cityzens dan memutuskan UEFA tidak punya hak melarang klub Inggris itu tampil di kancah Eropa.

Tidak hanya itu, denda yang harus dibayarkan City pun berkurang. Sebelumnya mereka dituntut membayar sebesar 30 juta euro. Tapi dalam banding tersebut mereka hanya diharuskan membayar tak lebih dari 10 juta euro.

“Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada para anggota panel atas ketekunan mereka dalam proses penyelesaian yang mereka kelola,” demikian pernyataan resmi Manchester City, Senin (13/7/2020).

CAS sejatinya hanya membatalkan hukuman larangan bermain City di Liga Champions. Terkait kasus penggelapan dana sponsor, CAS tetap menyalahkan pihak klub yang dianggap tidak bisa bekerja sama dengan UEFA.

“Keputusan ini menekankan bahwa sebagian besar dugaan pelanggaran yang dilaporkan oleh pengadilan CFCB tidak dibuat atau dibatasi waktu. Tuduhan penggelapan dana ekuitas jelas merupakan pelanggaran yang lebih signifikan daripada menghambat investigasi CFCB,”  demikian pernyataan CAS seperti dilansir BBC.

“Tidak tepat untuk memberlakukan larangan berpartisipasi dalam kompetisi UEFA karena Manchester City gagal bekerja sama dengan investigasi CFCB,” lanjut Badan Arbitrase Olahraga tersebut.

CASManchester CityUEFA