Menerka Starting XI Timnas U-19 Bosnia untuk Lawan Indonesia

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan kembali berlaga. Jumat (25/9/2020) malam WIB, tim asuhan Shin Tae-yong akan berjibaku melawan timnas U-19 Bosnia & Herzegovina yang ditangani Slaven Musa. Ini merupakan laga ke-6 bagi Garuda Muda selama melakukan pemusatan latihan di Kroasia.

Untuk menghadapi laga lawan Indonesia, skuat timnas U-19 Bosnia & Herzegovina beranggotakan 20 pemain. Slaven Musa memprioritaskan para pemain yang berlaga di Premijer Liga BIH U19. Dari 20 pemain, 18 di antaranya berlaga di kompetisi U-19 Bosnia tersebut.

Skuat Slaven Musa kali ini pun berbeda dari saat double header dengan Makedonia Utara, Februari lalu. Hanya 10 pemain yang dipertahankan sang pelatih. Bahkan, dibandingkan dengan skuat saat pemusatan latihan singkat pada Juni silam, ada 7 muka baru.

Perbedaan komposisi pemain di skuat sudah barang tentu membuat susunan pemain yang akan diturunkan Musa pun berbeda. Berikut ini, Football5Star.com coba memprediksi susunan sebelas pemain awal timnas U-19 Bosnia & Herzegovina saat lawan Indonesia nanti dengan memakai formasi 4-2-3-1 yang kerap diusung Musa.

Penjaga Gawang

Nikola Cetkovic adalah kiper yang juga dipercaya jadi kapten timnas U-19 Bosnia & Herzegovina.
mondo.ba

Hanya ada dua penjaga gawang yang dibawa Slaven Musa ke timnas U-19 Bosnia untuk menghadapi timnas U-19 Indonesia. Mereka adalah Nikola Cetkovic dan Strahinja Manojlovic. Kedua kiper ini juga dibawa saat Bosnia menghadapi Makedonia Utara pada Februari lalu.

Saat melawan Makedonia Utara, Cetkovic dan Manojlovic sama-sama diberi kesempatan main. Namun, hasilnya berbeda. Cektkovic mampu clean sheet dan membawa Bosnia menang 1-0. Sementara itu, Manojlovic justru kebobolan dan tim asuhan Musa pun kalah 0-1.

Menilik hal tersebut, sangat mungkin Musa akan menurunkan Cetkovic saat melawan Indonesia yang baru saja menang dan menahan Qatar dalam dua pertandingan beruntun. Apalagi, dia juga sudah memperkuat tim senior Zeljeznicar ST Banja Luka di Divisi II.

Bek Tengah

Pada dua laga melawan Makedonia Utara, duet bek tengah yang diandalkan Slaven Musa adalah Salih Husic dan Leonid Srdic. Namun, untuk kali ini, hanya Husic yang dipanggil ke timnas U-19 Bosnia. Dua bek tengah lain yang juga dipanggil oleh Musa adalah Amar Drina dan Viktor Paleznica.

Di kompetisi Premijer Liga BIH U19, Husic belakangan tak turun memperkuat klubnya. Itu berbeda dari Drina dan Paleznica. Artinya, jika objektif, Musa akan memasang duet ini di jantung pertahanan timnya saat melawan timnas U-19 Indonesia.

Bek Kanan & Kiri

Patrik Bosnjak satu-satunya bek kiri di tim asuhan Slaven Musa kali ini.
nfsbih.ba

Tahun lalu, Amar Dedic adalah penguasa sisi kanan pertahanan timnas U-19 Bosnia & Herzegovina. Namun, sejak awal tahun inii, dia tak lagi dipanggil oleh Slaven Musa. Pada Februari lalu, Marko Kujundic jadi pilihan di posisi ini. Adapun sektor bek kiri diisi Din Cviko yang berkiprah di Belgia.

Untuk laga lawan Indonesia, nama-nama itu menghilang. Musa dipastikan memasang bek kanan dan kiri baru. Menariknya, Musa hanya memanggil satu bek kanan dan satu bek kiri. Mereka adalah Luka Jankovic dan Patrik Bosnjak. Di Premijer Liga BIH U19, keduanya sama-sama telah 7 kali tampil.

Gelandang Jangkar

Pilihan duet di gelandang jangkar lumayan variatif. Ada 3 gelandang bertahan dan satu gelandang tengah yang dibawa Slaven Musa untuk laga melawan timnas U-19 Indonesia. Mereka adalah Ivan Basic, Amar Tahric, Omar Beca, dan Silvio Ilinkovic.

Pada laga melawan Makedonia Utara, Musa menurunkan dua komposisi berbeda. Pertama, Ilinkovic-Basic saat menang 1-0. Kedua, Faruk Durakovic-Beca kala kalah 0-1. Atas dasar itu, kemungkinan besar duet Ilinkovic-Basic kembali dipercaya pada laga nanti.

Duo Winger

David Cavic sudah mencetak 9 gol dalam 6 laga di Premijer Liga BIH U19.
mondo.ba

Dalam dua tahun terakhir, sektor sayap kanan hampir selalu menjadi milik Ajdin Hasic. Namun, pada dua laga melawan Makedonia Utara, pos ini ditempati Andrija Drljo. Adapun sisi kiri diisi bergantian oleh Amar Ceric dan Hamza Gasal.

Untuk melawan Indonesia, nama-nama itu tak ada lagi di skuat timnas U-19 Bosnia & Herzegovina. Seperti halnya di bek kanan dan kiri, Musa juga hanya membawa satu winger kanan dan kiri. Mereka adalah Ajdin Jusupovic dan David Cavic. Jusupovic sempat turun sebagai pemain pengganti saat lawan Makedonia Utara.

Gelandang Serang

Di posisi gelandang serang tengah, Silvio Ilinkovic sempat dicoba pada laga kedua timnas U-19 Bosnia lawan Makedonia Utara. Namun, dia hanya bermain selama 29 menit. Ini mengindikasikan kemungkinan Slaven Musa akan mencoba pemain lain saat lawan Indonesia.

Di skuat saat ini, ada Niksa Silic dan Alden Suvalija yang dapat mengisi pos tersebut. Mereka pun tampil apik di Premijer Liga BIH U19. Namun, bila diperbandingkan, Suvalija lebih baik. Dia mampu mencetak 2 gol dari 6 pertandingan. Sementara itu, Silic hanya mengemas 1 gol dari 5 laga.

Penyerang Tunggal

Lejs Plicanic, Adi Alic, dan Nail Omerovic adalah tiga striker yang ada di skuat Bosnia & Herzegovina untuk lawan timnas U-19 Indonesia. Di samping itu, masih ada Aid Tabakovic yang juga sempat dipasang sebagai ujung tombak oleh Musa saat melawan Makedonia Utara.

Dari sisi pengalaman di timnas U-19 Bosnia, Tabakovic dan Plicanic unggul dari Alic dan Omerovic. Tak pelak, mereka lebih berpeluang tampil sebagai starter saat lawan Indonesia nanti. Lalu, siapa yang akan dipilih Musa? Tabakovic lebih berpeluang karena selalu turun dalam dua laga terakhir.


Prakiraan Formasi Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina

Nikola Cetkovic
Luka Jankovic – Amar Drina – Viktor Paleznica – Patrik Bosnjak
Ivan Basic – Silvio Ilinkovic
Ajdin Jusupovic – Alden Suvalija – David Cavic
Aid Tabakovic

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More